Transformasi Tren Musik Digital

market published over a year ago




Amerika Serikat masih menjadi kiblat dunia untuk pasar musik digital. Tren yang terjadi di negeri Paman Sam, bisa jadi akan menular ke negara lain, termasuk Indonesia tentu saja.

Di negaranya Barack Obama itu, tren musik digital tengah memasuki masa transisi, di mana download lagu tercatat turun 12% di 2014. Sedangkan layanan streaming terus naik sekitar 54%.

Sementara untuk medium aksesnya, meskipun desktop masih mendominasi trafik streaming lagu, namun pertumbuhan penggunanya lebih banyak melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet.

Dari catatan Spotify, salah satu penyedia layanan musik online di sana, 42% penggunanya banyak mendengarkan lagu lewat streaming melalui ponsel dan 10% dari komputer tablet. Sisanya, sekitar 45% dari desktop dan 3% dari web player.

Layanan streaming Spotify memiliki 50 juta pengguna aktif dengan 12 juta di antaranya merupakan pengguna berbayar. Sementara pengguna yang mendengarkan lagu dari platform mobile dan desktop rata-rata menghabiskan waktu 150 menit per hari.

Di Indonesia pun sebenarnya tren musik digital mulai gencar dipromosikan oleh Telkomsel melalui layanan langitmusik.com dan melon.co.id. Kami juga memiliki kerja sama dengan Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (ASIRI) dan 16 label rekaman.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES