Telkomsel Tempuh 10.000 Km untuk Uji Jaringan Jalur Mudik

market published over a year ago




Tak ingin sekadar gimmick, tim network Telkomsel telah menempuh lebih dari 10.000 km guna memastikan kesiapan jaringannya bisa melayani pelanggan selama musim mudik dan Lebaran.

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi menegaskan, hasil uji coba jaringan memperlihatkan bahwa operator dengan tagline 'Paling Indonesia' ini siap melayani pelanggan selama bulan Ramadan. "Di masa-masa menjelang mudik dan saat lebaran, lonjakan trafik akan mencapai puncaknya. Layanan data dapat kami pastikan sebagai layanan yang akan mengalami peningkatan paling tinggi, mengingat semakin banyaknya pelanggan yang saat ini menggunakan layanan data untuk aplikasi-aplikasi di ponselnya," kata Sukardi.


Keterangan: Uji Jaringan Telkomsel 2015 di dalam Bus.

Telkomsel memprediksi akan terjadi lonjakan trafik di daerah jalur mudik dan tujuan wisata dibandingkan trafik di hari biasa. Lonjakan trafik akan terjadi terutama pada layanan SMS yang berkisar antara 10% – 20% mencapai 1,15 miliar SMS, dan layanan Data yang akan melonjak naik antara 20% - 25% menembus 1,6 juta Giga Byte.


Seperti yang biasa dilakukan di tahun-tahun sebelumnya, hal tersebut akan diantisipasi dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik Sumatera-Jawa-Bali dan beberapa lokasi tujuan mudik di seluruh Indonesia, telah disediakan kelonggaran sebesar 40% - 60%, seperti di Sumatera Selatan dengan kelonggaran kapasitas sebesar 60%, Jawa Barat sebesar 46%, Jawa Tengah sebesar 45%, Jawa Timur sebesar 43% dan Bali sebesar 56%. Hal ini akan membantu pelanggan untuk tetap dapat terhubung dengan layanan Telkomsel.

Di lokasi-lokasi yang mengalami lonjakan komunikasi yang cukup tinggi, Telkomsel akan memaksimalkan kapasitas dan juga menyiagakan sebanyak 62 unit COMBAT (COmpact Mobile BAse sTation) dari total 733 COMBAT untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data di lokasi-lokasi yang padat pengunjung.

Pembangunan BTS (Base Transceiver Station) yang dilakukan Telkomsel sepanjang tahun di berbagai daerah di Indonesia diharapkan juga akan mendukung primanya jaringan selama masa Ramadhan dan Lebaran. Hingga saat ini Telkomsel telah memiliki 95,000 BTS di berbagai penjuru negeri, dimana sekitar 50% diantaranya merupakan BTS 3G yang mampu melayani bandwidth Internet sebesar 427 Gbps (Giga bit per second).

“Untuk meningkatkan layanan Broadband selama periode Ramadhan dan Lebaran, Telkomsel juga melakukan program True Broadband Experience (TrueBEx) yang akan memberikan pelanggan kenyamanan dalam mengakses layanan data. Kami akan fokus melakukan perbaikan kualitas dan kapasitas di titik-titik keramaian mengingat lonjakan layanan di lokasi-lokasi tersebut cukup tinggi sehingga perlu diimbangi dengan ketersediaan jaringan dan layanan yang baik”, papar Sukardi

Telkomsel telah mengidentifikasi sebanyak 781 titik hotspot atau PREMIUM (Public Service, Religion Areas, Mall & Indoor Center, Uniqueness Areas, dan Massive Areas). Kesiapan akan layanan data juga termasuk pada layanan Telkomsel 4G LTE, dimana saat ini telah didukung oleh lebih dari 1000 eNode B (BTS 4G) yang tersebar di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan. Saat ini secara nasional pelanggan 4G Telkomsel telah menembus angka 500 ribu.

Di samping kesiapan jaringan, kali ini Telkomsel juga memperkenalkan T-Drive sebagai pionir layanan di segmen otomotif yang berbasis teknologi OBD II dengan support aplikasi system Android dan IOS yang dapat memberikan manfaat kepada pelanggan ketika melakukan perjalanan mudik. T-Drive adalah aplikasi M2M (Machine to Machine) dengan fitur utama berupa informasi yang dapat digunakan untuk menganalisa driving performance, real time engine data, memberikan alert dan mengedukasi pelanggan. Hasil dari driving performance yang semakin baik akan meningkatkan efisiensi bahan bakar dan meningkatkan kenyamanan serta keamanan berkendara. Keuntungan utama dari produk ini adalah Plug and Go dan tidak merusak warranty.


Keterangan: Aplikasi T-Drive

Selain itu selama periode Ramadan, Telkomsel melakukan beberapa program promo diantaranya Device Bundling edisi Ramadhan, agenda tahunan Mudik Bareng dan Undian Hadiah HUT 20 Tahun yang akan memberikan ratusan hadiah menarik kepada pelanggan, termasuk hadiah perjalanan Umroh. Program undian berlangsung sejak 1 Mei hingga di 31 Juli dan untuk mengikuti program undian, pelanggan dapat menghubungi *123# atau download aplikasi MyTelkomsel dan membeli paket yang tersedia.


Hasil Drive Test 2015 Banyuwangi - Denpasar

Sebelumnya, Telkomsel juga sukses melakukan network drive test bersama media dari Banyuwangi ke Denpasar, dimana kesiapan jaringan yang meliputi jalur darat, jalur laut (Ketapang – Gilimanuk) dan berbagai lokasi wisata tercatat prima.


Ada beberapa parameter yang dapat diamati dari pelaksanaan Drive Test, di antaranya adalah kuat daya pancar dan daya terima handset (Coverage), tingkat kesuksesan akses jaringan (CSSR), tingkat kontinuitas panggilan (CCSR/drop call), lamanya waktu pembangunan panggilan (CST, PDP Context Time), kualitas suara (MOS) dan speed (Data Throughput)

Secara keseluruhan hasil Network Drive Test 2015 Banyuwangi – Denpasar sepanjang 143 km memperlihatkan bahwa Telkomsel siap untuk menyambut momen Ramadhan dan Lebaran 2015 yang dipredikasi akan mengalami lonjakan yang cukup signifikan, terutama pada data. Sepanjang rute drive test, terdapat total sebanyak 1.146 BTS (847 BTS 3G dan 299 BTS 2G) yang akan melayani pelanggan. Adapun angka rata-rata yang diperoleh dari hasil Drive Test adalah sebagai berikut: CSSR 98,83%, CST 5,77s, CCSR 98,82%, MOS 97,83% , Data Throughput 1.970 kbps.

Sedangkan di sepanjang jalur mudik utama Pulau Jawa sepanjang 3.800 km, kesiapan jaringan Telkomsel juga dapat terlihat dari hasil Drive Test, dimana skor yang diperoleh adalah sebagai berikut: CSSR 97,73%, CST 6,38s, CCSR 98,08%, MOS 95,47%, Data Throughput 1.536 kbps.

Disamping itu Telkomsel juga telah melakukan Drive Test untuk jalur Sumatera sepanjang 6.135 km dengan hasil sebagai berikut: CSSR 99,23%, CST 7,01s, CCSR 97,91%, MOS 95,47%, Data Throughput 1.995 kbps.


Penjelasan istilah-istilah:

- CSSR (Call Setup Success Rate): merupakan prosentase tingkat keberhasilan panggilan yang ditentukan oleh ketersediaan kanal suara yang dialokasikan. Kesuksesan panggilan ditandai dengan adanya nada sambung dan selanjutnya “Tersambung/Connected” tertulis di layar ponsel. Berikut beberapa tingkat kesuksesan: angka >95% DITERIMA dan <95% KURANG BAIK.


- CST (Call Setup Time): adalah waktu yang dibutuhkan (kecepatan) untuk melakukan panggilan ke pihak yang dituju, dalam hal ini dimulai saat pelanggan menekan tombol “Call/Yes” hingga mendengar nada panggil (ukuran kecepatannya dalam detik). Rata-rata CST < 9 detik DITERIMA, dan >9 detik TIDAK DITERIMA.

- CCSR (Call Completion Success Rate): merupakan prosentase tingkat kesuksesan suatu hubungan sejak tersambung hingga salah satu pihak melakukan pemutusan. Parameter kesuksesannya adalah komunikasi tanpa putus, tidak terjadi drop call (hubungan terputus). Bila angkanya >95% DITERIMA, jika < 95% TIDAK DITERIMA

- MOS (Mean Opinion Score): menggambarkan tingkat kejernihan (kejelasan) suara dalam suatu komunikasi yang diukur dalam skala antara 0-5, di mana MOS < 2 adalah kualitas suara BURUK atau putus-putus, MOS 2-3 CUKUP BAIK, MOS 3-3,5 BAIK, dan MOS 3,5-5 kualitas suara SANGAT BAIK. Syarat kelayakan MOS dalam hal ini adalah jika 90% dari cakupan berada di dalam skala baik (3-3,5)

- Throughput: Menggambarkan kecepatan network Telkomsel dalam mengunduh data dalam satuan detik, dimana : Throughput < 64kbps adalah BURUK, Throughput 64 – 128 kbps BAIK, Throughput > 128 kbps SANGAT BAIK




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES