Sepenggal Kisah Sukses dari Sebuah Ide Gila

market published over a year ago




Kesuksesan bisa datang dari mana saja asalkan fokus, tekun, dan tidak mudah menyerah. Bahkan dari sebuah ide yang terkesan gila dan sempat jadi bahan tertawaan banyak orang. Tak percaya?

Ceritanya begini, 18 tahun yang lalu, ada dua orang mahasiswa yang punya ide gila pada waktu itu. Mereka mau bikin sebuah mesin yang bisa mencari seluruh konten yang ada di internet.

Mereka sesumbar, mesin algoritma yang akan mereka kerjakan, bisa mendownload seluruh isi web yang ada di internet hanya dalam waktu satu minggu. Mendengar itu, semua tertawa, termasuk teman-temannya.

Setahun berlalu, mereka ternyata gagal. Seluruh isi web yang dijanjikan, ternyata hanya bisa didownload separuhnya saja. Mereka pun tambah ditertawakan setelah kejadian itu.

Mereka menyerah? Ternyata tidak. Kejadian itu bukannya membuat mereka makin down, tapi justru bikin tambah kuat dan semakin termotivasi untuk mewujudkan ide-ide gilanya tersebut.

Setahun kemudian di 1998, menjadi titik awal kesuksesan mereka. Proyek yang mereka geluti dalam dua tahun terakhir di sebuah garasi di Menlo Park, California, Amerika Serikat, mulai membuahkan hasil.


Lahirnya Sang Raksasa

Itulah cikal bakal startup yang didirikan oleh dua orang mahasiswa bernama Sergey Mikhailovich Brin dan Lawrence Edward Page. Tahu siapa mereka? Benar, merekalah para pendiri Google.

Dan selebihnya, kita semua tahu apa yang telah dilakukan Google. Berawal dari sebuah ide menciptakan search engine yang dianggap gila dan ditertawakan banyak orang, Google akhirnya sukses jadi raksasa teknologi nomor satu dunia.

Salah satu kunci kesuksesan Google adalah tetap fokus. Fokus dalam pekerjaan atau proyek memang memakan energi yang luar biasa. Namun kita akan tahu lebih dalam akan kekurangan dan kelebihannya, sehingga kita bisa meningkatkan lagi untuk yang lebih baik.

Melihat kasus Google, mesin pencari pendahulunya seperti Altavista dan Excite tidak fokus dengan mesin pencari. Dan ini mendorong keduanya untuk membuat mesin pencari yang lebih baik dan lebih spesifik.

Dan bisa dibayangkan dalam waktu yang singkat, Google sudah digunakan puluhan juta orang untuk mencari informasi di internet. Yang lebih mengagumkan lagi adalah mereka bisa terkenal tanpa iklan, hanya dari mulut ke mulut.

Gambar: Google Day


Ide yang Berguna

Sebuah ide yang sangat bagus di internet adalah membuat sebuah website yang sangat berguna untuk orang banyak. Selain memberikan informasi terbaru dan dibutuhkan, sebuah website harus memiliki sebuah fitur yang membuat orang senang berlama-lama di dalamnya.

Kunci sukses mereka yang kedua ialah integritas dalam mewujudkan apa yang diyakini benar. Mereka rela drop out dari program doktor mereka di Stanford University untuk mengembangkan Google.

Pada awalnya mereka tidak berniat mencari keuntungan dari proyek tersebut. Malah, mereka berangkat dari sebuah ide sederhana, yaitu bagaimana membantu banyak orang untuk mempermudah mencari informasi dan data di dunia maya.

Mereka meyakini, ide mereka akan sangat berguna bagi banyak orang untuk mempermudah mencari informasi data apa saja di internet. Namun karena riset membutuhkan dana, mereka akhirnya bisa menerima ide untuk memasang iklan di mesin pencari mereka, yang kemudian menjadikan mereka deretan orang terkaya di dunia hingga saat ini.


Selamat Ulang Tahun, Google!

Kunci sukses lainnya adalah tidak melupakan jasa orang-orang yang telah mendukung kesuksesan mereka. Larry dan Sergey sadar, di balik sukses inovasi yang dilakukan Google, ada banyak orang yang membantu mereka.

Sebuah niat mulia dan berangkat dari apa yang mereka yakini, meski sesederhana apa pun, jika dilandasi kerja keras dan integritas tinggi, maka ia akan menghasilkan sesuatu yang istemewa dan bermanfaat.

Google yang mereka dirikan, terbukti telah membantu banyak orang untuk mendapatkan apa saja dari internet. Kini, mereka pun mendapat imbalan yang terus mengalir, meski mereka tidak melakukan apa-apa. Kesuksesan sejati memang akan terasa saat kita berbagi.

Tanpa terasa, sudah 16 tahun berlalu sejak mereka mendirikan perusahaan 27 September 1998 silam. Selamat ulang tahun, Google!




Tags : Kisah Sukses Ide
WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES