Selebriti yang Terjun ke Industri Teknologi

market published over a year ago




Perusahaan teknologi mulai merekrut selebriti Holywood di dalam perusahaannya. Entah sekadar promosi belaka, atau memang ada kesungguhan dari selebriti itu untuk ikut mengembangkan produk dan bisnis.

Namun, ada juga selebriti yang dengan sungguh-sungguh mendirikan atau berinvestasi di perusahaan teknologi dengan maksud meramaikan inovasi. Siapa saja kah mereka? Berikut ini beberapa daftarnya!

1. Dr. Dre

Penyanyi hip-hop Andre Romelle Young atau lebih dikenal dengan nama panggung Dr. Dre, mendirikan Beats Audio. Perusahaan ini didirikan Dre bersama pebisnis perusahaan rekaman Jimmy Iovine pada tahun 2008 di Amerika Serikat.

Perusahaan ini membuat perangkat audio berupa headphone hingga speaker yang terkenal dengan karakter dentuman bass yang kuat. Ada juga software Beats Music untuk streaming lagu.

Beats Audio diakuisisi oleh Apple pada pertengahan 2014 dengan harga USD 3 miliar. Kini, dua pendiri Beats resmi jadi pegawai Apple.

2. Ashton Kutcher

Kutcher cukup dihormati di industri teknologi karena dia cukup jeli melihat peluang bisnis. Dia berperan sebagai investor awal di aplikasi Skype sebelum dibeli Microsoft dengan harga USD 8,5 miliar.

Kutcher juga menaruh uangnya di aplikasi Foursquare dan Flipboard. Sekarang, Kutcher direkrut oleh perusahaan komputer Lenovo. Produk yang disebut-sebut sebagai rancangan Kutcher adalah Yoga Tablet 2 Pro yang merupakan komputer tablet dengan kemampuan proyektor.

3. Ryan Seacrest

Ryan Seacrest dikenal sebagai pembawa acara American Idol yang menghasilkan sejumlah penyanyi terkenal. Dia mendirikan perusahaan Typo Keyboards yang memproduksi alat keyboard eksternal untuk iPhone.

Produk pertama Typo Keyboards dijual pada awal 2014 dengan harga USD 100. Bentuk tombol pada produk keyboard ini mirip dengan milik BlackBerry. Hal ini membuat Typo Keyboards digugat oleh BlackBerry dengan tuduhan pelanggaran paten.

4. Will.i.am

Intel memasukkan nama Will.i.am dalam perusahaan di tahun 2011 untuk mengurus inovasi produk. Salah satu vokalis dari The Black Eyed Peas ini ternyata ingin menunjukkan keseriusannya dalam teknologi, dengan mendirikan perusahaan pembuat arloji pintar Puls di bulan Oktober 2014.

Apa yang menarik dari Puls? Perangkat ini bisa dimasukkan SIM card sehingga dapat melakukan tugas-tugas smartphone seperti telepon, SMS, sampai rowsing internet. Puls juga bisa dipakai untuk mendengar musik sampai melihat aktivitas olahraga para pebgguna.

5. Lady Gaga

Penyanyi kontroversial ini masuk ke gurihnya teknologi pada bulan Mei 2010. Pembuat kamera Polaroid membajaknya sebagai drektur kreatif untuk produk-produk istimewa.

Gaga kemudian berinvestasi di perusahaan pembuat website Backplane yang menghubungkan penggemar musik dengan para musisi idolanya. Gaga terlibat dalam pengembangan produk dan sedikit demi sedikit website ini dapat meraih keuntungan finansial.

Foto: Dr Dre, By Jason Persse [CC-BY-SA-2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0)], via Wikimedia Commons




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES