Potret Pengguna Mobile Indonesia

market published over a year ago




Seperti apa gaya penggunaan perangkat mobile Indonesia? Apakah ponsel mahal atau menengah ke bawah yang lebih banyak digunakan di Tanah Air. Berikut jawabannya.

Menurut laporan terbaru Baidu, smartphone menjadi perangkat yang paling banyak dan paling sering digunakan untuk mengakses internet di Indonesia. Sebanyak 59,9% responden mengakses internet melalui smartphone. Perangkat lainnya yang digunakan adalah laptop, PC, Tablet, dan Netbook.
 
Dalam laporan berjudul 'Explore the Mobile World in Indonesia' itu juga diungkap smartphone kelas low-end masih menjadi yang terbanyak digunakan oleh pengakses mobile internet di Indonesia. Lebih dari 80% pengguna menggunakan smartphone dengan kisaran harga Rp 1.000.000 – Rp 3.000.000.

Android menjadi sistem operasi favorit para pengguna internet mobile di Indonesia. Sebanyak 87,3% di antara pengguna juga menyatakan ingin mengganti ponselnya dengan ponsel Android yang lebih baik di masa depan.

Di luar perkiraan, harga tidak lagi menjadi pertimbangan utama pengguna dalam memilih operator layanan akses internet mereka. Yang menjadi pertimbangan utama adalah penawaran paket data yang menarik (39,6%), kecepatan jaringan (38,2%), baru setelah itu harga yang lebih rendah (34,9%), stabilitas jaringan (33,3%), dan cakupan jaringan (31,9%).

Mayoritas pengguna internet mobile di Indonesia adalah laki-laki dengan penghasilan bulanan Rp 3.000.000 atau lebih rendah. Sebanyak 74,7% pengguna adalah laki-laki dan sisanya, sebanyak 25,3% adalah perempuan.

Dalam kegiatan ini, Baidu mengelompokkan para pengguna mobile internet ke dalam tiga tipe, yakni pengguna mobile, pemain mobile, dan pengguna pemula mobile.

•    Pengguna mobile mewakili para karyawan kantor yang menggunakan komputer sebagai alat utama untuk mengakses internet. Mereka mengakses internet dengan ponsel hanya di waktu tertentu saja.

•    Pemain mobile mewakili para generasi muda, termasuk pelajar dan mahasiswa, yang lebih banyak menggunakan ponsel ketimbang komputer untuk mengakses beragam aplikasi dan games di internet.

•    Pengguna pemula mewakili orang-orang yang baru mengenal internet dan tidak terlalu familiar dengan teknologi.

Aktivitas berinternet yang paling sering dilakukan adalah mengakses jejaring sosial (84,2%), melakukan pencarian (65,7%), membaca berita (39,2%), mengakses email (38,9%), menonton video (31,4%), serta bermain game (30,7%). Sebagian pengguna juga mengakses mobile internet untuk mendengarkan musik  dan mengakses blog.

Kebanyakan pengguna mobile di Indonesia hanya sering menggunakan 1–2 aplikasi saja. Aplikasi-aplikasi yang paling banyak dipasang dan digunakan adalah jejaring sosial, peramban, games, serta pemutar musik dan video.

Peramban (browser) menjadi aplikasi serbaguna yang sering diakses oleh para pengguna mobile internet. Sebanyak 78,3% pengguna membuka peramban berkali-kali dalam sehari, antara lain untuk melakukan pencarian, mengunduh, mengakses jejaring sosial, membaca berita, menonton video, dan berbelanja online.

Rumah menjadi tempat yang paling umum untuk mengakses mobile internet, yakni sebanyak 95,2%,diikuti dengan kantor, restoran, kafe, sekolah, dan angkutan umum. Waktu puncak pengguna untuk mengakses mobile internet adalah pada saat makan siang dan setelah jam kerja.

Laporan ini didapat Baidu lewatsurvei dan wawancara yang dilakukan sejak 2 September hingga 31 Oktober 2014.  Dalam kegiatan ini, Baidu melibatkan lebih dari 11.000 responden yang berasal dari masyarakat umum hingga para narasumber dari berbagai industri terkait, termasuk para blogger teknologi, media, pengembang aplikasi, serta perusahaan-perusahaan komersial di Indonesia.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES