Jaringan Telkomsel Siap Hadapi Lonjakan Trafik Lebaran dan Mudik

market published over a year ago




Untuk menghadapi lonjakan trafik telekomunikasi selama masa Lebaran, Telkomsel telah mengintensifkan seluruh infrastruktur yang berada di jalur mudik dan tempat-tempat wisata.

Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi mengatakan, "Di masa-masa menjelang mudik dan saat lebaran, lonjakan trafik akan mencapai puncaknya," Lonjakan trafik yang dimaksud mencakup layanan telepon, SMS, dan data internet.

Untuk layanan data diperkirakan akan ada lonjakan mencapai 20 - 25 persen dengan jumlah 1,6 juta Gigabyte. Telkomsel mengantisipasi hal tersebut dengan meningkatkan kapasitas paket data hingga 274 persen pada saat masa Lebaran nanti.

"Perkiraan lonjakan datanya hingga 137,4 persen, tapi kapasitas pertumbuhannya kita siapkan 274 persen. Jadi aman," tambah Sukardi.

Sedangkan lonjakan trafik pada layanan SMS ditaksir mencapai 10-20 persen atau dengan jumlah sekitar 1,15 miliar. Dan trafik layanan telepon diprediksi akan meningkat hingga 8 persen. Sebagai antisipasi, Telkomsel akan memberikan kapasitas pertumbuhan atau spare kapasitas hingga 40 persen.

"Kita akan tingkatkan kapasitas hingga 40 persen untuk menampung lonjakan voice dan SMS," ujar Ririek Ardiansyah, Direktur Utama Telkomsel.

Untuk mengatasi lonjakan tersebut Telkomsel mengatisipasi dengan Visitor Location Register (VLR) yang berfungsi menampung pelanggan. Fungsi ini diletakan pada jalur utama mudik Sumatera-Jawa-Bali dan lokasi mudik lainnya.

Khusus untuk lokasi yang dinilai bakal mengalami lonjakan cukup tinggi, Telkomsel juga menyiapkan 62 unit Compact Mobile Base Station (COMBAT) yang siap dioperasikan untuk menopang trafik.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES