Di Balik Nama Perusahaan Teknologi Asia

market published over a year ago




Selain perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka asal Amerika Serikat, ternyata ada kisah unik dan menarik juga di balik nama-nama perusahaan teknologi Asia yang sudah mendunia.

Berikut adalah beberapa di antaranya:


1. Samsung

Nama Samsung merupakan gabungan dari dua kata di Bahasa Korea , yaitu  Sam (Tiga) dan Sung (Bintang). Kata "Tiga Bintang" ini disebut sebagai simbol sesuatu yang besar, banyak dan berkuasa.

Uniknya, Samsung memang mengawali bisnisnya bukan dari teknologi. Perusahaan ini justru awalnya memproduksi ikan kering, sayuran, mie dan buah-buahan.

Kemudian hari Samsung melakukan diversifikasi dengan memasuki pasar teknologi dan keuangan. Baru pada 1987 Samsung menargetkan pasar elekronik secara khusus, dengan ambisi menjadi salah satu dari Top 5 produsen elektronik dunia.

Logo Samsung sejak 1938 hingga 1993 masih menampilkan tiga bintang yang menjadi asal usul namanya. Namun sejak 1993, logo Samsung sudah tak berbintang lagi.

Sekarang Samsung sinonim dengan perangkat elektronik, terutama gadget seperti ponsel atau tablet berbasis Android. Wajar saja mengingat posisinya yang dominan di pasar itu.


2. LG

Masih dari Korea Selatan, perusahaan elektronik LG juga sudah punya reputasi cukup baik di pasar dunia. Nah, nama LG Electronics berawal dari nama asli perusahaan tersebut.

Ya, pada awalnya perusahaan itu bukan bernama LG. Perusahaan itu awalnya bernama Goldstar, dibuat setelah Perang Korea pada 1958 untuk memproduksi perangkat elektronik.

Salah satu perusahaan turunan dari Goldstar bernama Lak-Hui, yang diucapkan dalam Bahasa Inggris sebagai Lucky. Maka kemudian lahirlah nama Lucky Goldstar, dari Lak-HUi Goldstar, yang kemudian disingkat LG.

Pada 1995 Goldstar secara resmi mengadopsi merek dan logo LG. Sedangkan untuk saat ini, LG sudah tidak lagi berarti Lucky Goldstar, atau "Life's Good" seperti slogan pemasarannya. LG sekarang adalah LG saja, bukan singkatan apapun.


3. HTC

Bicara soal singkatan, salah satu perusahaan Asia yang sempat naik daun di dunia gadget adalah HTC. Perusahaan asal Taiwan ini juga punya kisah menarik di balik namanya.

Awalnya, HTC adalah singkatan High Tech Computer. Kini HTC hanya HTC saja, bukan lagi singkatan dari kata apapun.

Namun, konon saat didirikan pada 1997, pemilihan nama HTC punya alasan yang lebih pribadi. Pendiri perusahaan itu adalah HT Cho dan Cher Wang, maka perusahaan itu mengambil nama mereka HT dan Cher.


4. Sony

Raksasa elektronik asal Jepang ini sekarang boleh dibilang sedang menikmati kejayaan perangkat smartphone berbasis Android mereka, Xperia.

Namun dulu, Sony tak bernama Sony. Perusahaan ini berdiri di 1946 dengan nama Tokyo Tsushin Kogyo alias TTK yang bermakna Perusahaan Rekayasa Telekomunikasi dari Tokyo. Perusahaan itu juga dikenal dengan julukan Totsuko.

Nama itu kemudian diganti pada tahun 1950-an, saat mereka hendak menjangkau pasar global. Perubahan terjadi karena nama TTK sudah ada yang pakai di tingkat global.

Sony dipilih sebagai turunan dari kata Sonus, bahasa Latin yang berarti 'suara'. Produk mereka saat itu memang kebanyakan berada di lini audio. Selain itu, Sony juga merupakan plesetan dari kata "sonny", yang merujuk pada anak muda laki-laki.

Merek Sony digunakan di produk perusahaan itu sejak 1955. Namun nama perusahaan baru berubah jadi Sony Corporation pada 1958.


5. Lenovo

Perusahaan asal China ini juga sekarang menjadi salah satu pemain gadget Android yang agresif dan bergigi. Di sisi lain, perusahaan ini memiliki kedudukan kuat di pasar PC.

Lenovo awalnya bernama “Chinese Academy of Sciences Computer Technology Research Institute New Technology Development Company” saat didirikan pada 1984.

Nama itu kemudian diganti menjadi Legend, sampai 2003 saat mereka melahirkan produk komputer dengan merek Lenovo yang diambil dari kata Latin Le dan Novo (baru).




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :

1 COMMENT
  • MMn

    over a year ago

    canggih juga asia rupanya





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES