Di Balik Nama Perusahaan Social Media

market published over a year ago




Selain perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka asal Amerika Serikat, Asia dan Eropa, ada juga kisah seru di balik nama-nama perusahaan penyedia layanan social media.

 

Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Twitter

Kisah asal-usul nama Twitter mungkin sudah cukup dikenal. Perusahaan ini awalnya bernama twttr, waktu itu terinspirasi dari layanan berbagi foto Flickr.

Lucunya, beberapa pengguna awal layanan ini sempat menyampaikan ide untuk nama layanan. Termasuk, salah satu yang terkenal, FriendStalker. Selain itu, sempat tercetus usulan nama stat.us, dari kata Status.

Jack Dorsey, salah satu pendiri Twitter, mengisahkan bahwa kata yang mereka sukai pada saat pendirian adalah kata "twitch". Kata yang bermakna getaran kecil itu terinspirasi dari gerakan ponsel saat menerima pesan.

Namun, kata Twitch tidak mereka inginkan karena kurang pas dengan citra yang ingin mereka dapatkan. Maka muncul istilah twitter, yang terbaca di kamus karena dekat dengan kata twitch tadi.

Twitter ternyata sangat cocok dengan yang mereka inginkan, karena definisinya mencakup: "rangkaian informasi tak penting yang muncul dalam waktu singkat" atau "suara kicauan burung".

 

2. Facebook

Nama ini sebenarnya punya asal-usul yang sangat Amerika. Sebutan facebook diberikan pada buku panduan yang dibagikan ke mahasiswa baru kampus-kampus di AS.

Dalam buku itu terdapat wajah-wajah mahasiswa satu angkatan. Maksudnya, agar para mahasiswa bisa saling mengenal, setidaknya kenal muka.

Seperti bisa dilihat dalam film "the Social Network", Zuckerberg dkk. awalnya menyebut situsnya sebagai thefacebook.com. Kata "the" kemudian dibuang dan jadilah Facebook yang sekarang sudah mendunia.

 

3. Instagram

Perusahaan yang sudah dibeli oleh Facebook ini awalnya didirikan oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger di San Francisco, AS. Awalnya mereka tidak membuat Instagram.

Systrom dan Krieger bermula dari membuat aplikasi check-in, seperti Foursquare, yang berbasis HTML5 bernama Burbn. Nama Burbn sendiri kemungkinan berasal dari nama minuman keras Bourbon, tapi juga mengandung kemiripan dengan kata Urban.

Ingin lebih fokus, mereka mengalihkan proyek Burbn ke proyek serupa namun terbatas pada fotografi mobile saja. Lahirlah Instagram, yang dari sisi nama merupakan gabungan dari "instant camera" dan "telegram".

 

4. Path

Nama Path sebenarnya cukup sederhana, berasal dari kata yang berarti jalur. Path yang dimaksud mengacu pada linimasa pengguna yang muncul pada aplikasi mobile tersebut.

Path juga adalah kata yang menyiratkan sebuah jalur yang kecil, lebih kecil dari kata street atau road. Dan memang Path adalah jejaring sosial yang membatasi jumlah teman yang bisa terhubung, angka awalnya adalah 50 namun di kemudian hari pembatasan jumlah teman ini dilonggarkan.

Perusahaan yang lebih populer di Indonesia dibandingkan di negara asalnya ini didirikan oleh Shawn Fanning dan Dave Morin. Fanning merupakan salah satu pendiri Napster, sedangkan Morin pernah menjadi karyawan Facebook.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES