Cerita Mahasiswa Drop Out yang Mengubah Dunia

market published over a year ago




Orang tua mana yang tak patah hati melihat anaknya memilih drop out dari bangku kuliah, dan itu dilakukan dari universitas ternama pula, Harvard! Namun siapa sangka pilihan mahasiswa drop out itu ternyata terbukti jitu, dan di masa depan mampu membuatnya jadi pemuda terkaya sampai mampu mengubah dunia.
 
Ya, ini adalah sepenggal cerita dari seorang bernama Mark Elliot Zuckerberg, pendiri dan CEO Facebook. Facebook kini sudah menjadi jejaring sosial terbesar di dunia dengan populasi pengguna lebih dari 1 miliar.
 
Dengan strategi ciamik dan selalu haus akan inovasi, Facebook sudah membuktikan diri bukan situs yang populer dalam semalam. Mereka masih sukses mempertahankan gelar bergengsi di dunia sosial media sampai sekarang ini, meski banyak pemain baru berdatangan.
 
Dengan popularitas situs yang memuncak, jelas dengan statusnya sebagai pendiri Facebook, kehidupan Zuckerberg pun langsung mengangkasa ke langit ketujuh.
 
Dilihat sekilas, penampilan Zuckerberg sejatinya biasa saja, layaknya pemuda sebayanya. Tapi jangan salah, lelaki yang baru berumur 30 tahun ini sudah masuk dalam deretan tokoh super kaya.
 
Facebook yang didirikannya 10 tahun lampau kini menjelma bak mesin penghasil uang. Berkat sukses Facebook, Zuckerberg diestimasi Forbes memiliki harta USD 33,1 miliar. Jika dirupiahkan jangan kaget, tembus Rp 400 triliun!
 
Padahal tahun lalu, kekayaan Zuckerberg masih USD 15 miliar. Naiknya harga saham dan keuntungan Facebook menjadi faktor utama melesatnya kekayaan suami Priscilla Chan ini.
 
Di antara jajaran bos teknologi asal Amerika Serikat, kekayaan Zuckerberg hanya bisa dikalahkan oleh dua orang. Yaitu Bill Gates di posisi pertama dengan USD 81 miliar dan bos Oracle Larry Ellison di posisi runner up dengan harta USD 50 miliar.
 
Namun balik lagi, meski kaya raya dan membawahi ribuan karyawan Facebook, Zuck dikenal dengan penampilan sederhana. Trademarknya adalah celana jeans yang dipadu dengan jaket jenis hoodie.
 
Soal kendaraan pun, Zuckerberg dikabarkan masih setia dengan mobil Honda Acura dengan harga ditaksir cuma sekitar 13 ribu poundsterling. Akan tetapi belakangan, Zuckerberg sepertinya ingin merasakan hasil kerja kerasnya dan membeli rumah mewah.
 
Zuckerberg Muda
 
Mark Zuckerberg lahir tahun 1984 di White Plains, New York dari pasangan Karen, seorang psikiater, dan Edward Zuckerberg yang berprofesi sebagai dokter gigi.
 
Orang tua Zuckerberg tentu sangat bangga saat tahu anaknya diterima di Universitas Harvard. Di sinilah cerita sukses mulai terlihat. Ia membuat suatu sistem jejaring sosial untuk kelasnya. Tetapi setelah ia membuat sistem tersebut, ternyata semakin banyak saja orang yang tergabung di dalamnya. Sistem itu lama-kelamaan telah menjaring universitas terdekat dari tempatnya kuliah, dan inilah awal dari Facebook yang kita kenal saat ini.
 
Dari situasi inilah, Zuckerberg berinisiatif untuk mengembangkan sistem jejaring tersebut. Mula-mula Zuckerberg mengembangkan sistem ini dan memberi nama Facebook.
 
Zuckerberg dan kawan-kawannya lalu menyewa tempat di Palo Alto, California sebagai tempat untuk mengembangkan Facebook. Karena keasyikan untuk mengembangkan proyek Facebook, maka Zuckerberg lupa akan kuliahnya.
 
Pria berambut kriwil ini dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit antara memilih pendidikannya atau bisnis proyek yang sedang dia kembangkan. Dengan sikap yang optimistis Zuckerberg dan kawan-kawannya memilih untuk meninggalkan kuliah mereka, dan memfokuskan diri pada proyek Facebook tersebut.
 
Kini, cerita sukses Zuckerberg semakin tak terbantahkan. Ia adalah salah satu pemuda drop out paling sukses di dunia.
 
Tapi perlu dicatat kalau aksi drop out yang dilakukan Zuckerberg bukan hal asal-asalan. Ia melakukannya dengan penuh perhitungan. Mungkin sama dengan Bill Gates, di mana ia juga memilih keluar dari Harvard untuk mengembangkan Microsoft.
 
Kerja keras Zuckerberg pun kini telah terbayar lunas. Facebook sudah melantai di bursa saham di tahun 2012, menandakan perusahaan ini makin meraksasa. Meski pada awalnya harga sahamnya sempat terus-terusan anjlok, akhirnya perlahan stabil dan sekarang terus meningkat.
 
Dan catatan yang juga tak mungkin disangsikan adalah, berkat Zuckerberg, orang-orang dengan mudah terhubung melalui Facebook. Kawan lama, saudara jauh atau pacar lama pun bisa kembali ditemukan melalui situs jejaring ini.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :

1 COMMENT
  • Irwan Efendi

    over a year ago

    Mantafff bah...





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES