RUNNINGCONNECT: Pekanbaru

lifestyle published over a year ago




                                                                                       #runningconnect Pekanbaru

Berlari dapat menghubungkan kita dengan hampir semua yang ada di sekitar kita. Ketika berlari kita akan lebih terhubung dengan orang-orang di sekitar, kota tempat kita tinggal, alam, dan tentunya juga dengan diri sendiri. Berlari bahkan bisa menghubungkan kita dengan orang lain yang belum kita kenal, suatu tempat yang sebelumnya sangat asing, dan membuat kita berkembang menjadi individu yang lebih baik dengan menemukan potensi diri yang tidak kita ketahui.


Seperti berlari, Telkomsel juga menghubungkan masyarakat Indonesia melalui ketersediaan jaringan seluler yang tersebar di seluruh Indonesia sehingga kita semua dapat lebih terhubung dengan dunia. Tersedianya akses komunikasi akan membuka pintu cakrawala, memungkinkan kita untuk berbagi ide dan karya, serta memberikan dampak sosial positif kepada kualitas kehidupan masyarakat.

Pada perjalanan #runningconnect, Telkomsel mengikuti teman-teman Telkomsel dari @runhood_mag menjelajahi berbagai kota di Indonesia untuk mengenal lebih jauh lingkungan sekitar melalui berlari dengan ditemani oleh running crew setempat, dan didukung oleh jaringan seluler Telkomsel yang membuat mereka tetap saling terhubung. Setelah sebelumnya berkunjung ke Medan, kali ini @runhood_mag melanjutkan perjalanan #runningconnect di Pekanbaru untuk menemukan berbagai keunikan di ibu kota provinsi Riau tersebut.



Pada hari pertama, teman-teman @runhood_mag ingin mengenal Pekanbaru lebih dekat dengan berlari di pusat kota. Perjalanan #runningconnect the city pun diawali di Jembatan Siak 3 yang menghubungkan ibu kota kabupaten Siak dengan kabupaten-kabupaten lain di sekitarnya. Jembatan lengkung ini dibangun untuk mempermudah akses transportasi ke wilayah ini, yang sebelumnya hanya mengandalkan alat transportasi berupa ferry atau speed boat.



Dalam perjalanan menuju pusat kota, teman-teman @runhood_mag terkagum-kagum dengan sebuah bangunan unik menyerupai buku yang terbuka. Gedung ini adalah Perpustakaan Soeman HS, dengan bentuk yang terinspirasi dari alas baca Al-Quran. Kita patut bangga, karena arsitektur perpustakaan ini terpilih sebagai perpustakaan terbaik di ASEAN dalam seleksi desain arsitektur yang diikuti delapan negara anggota ASEAN lainnya.

Perpustakaan enam lantai ini dibangun pemerintah Provinsi Riau, dan menyimpan berbagai macam literatur kebudayaan Melayu yang disimpan di sebuah ruangan khusus bernama Bilik Melayu. Tidak hanya berfungsi sebagai tempat membaca, perpustakaan Soeman H.S. juga memiliki ruang publik untuk masyarakat.



Ketika sedang mengagumi suasana di sekitarnya, @runhood_mag berpapasan dengan para pelajar SMA yang juga sedang berkunjung ke perpustakaan yang namanya terinspirasi dari nama seorang sastrawan, pejuang dan pendidik asal Riau keturunan Tapanuli bernama Soeman Hasibuan (1904-1999) ini. Selain sempat bercengkrama dengan para pelajar tersebut, running crew @runhood_mag juga mengajak mereka berfoto bersama dan mendapatkan rekomendasi tempat menarik lain di Pekanbaru untuk mereka kunjungi, yaitu Mesjid An Nur.



Rekomendasi dari teman-teman untuk berkunjung ke Mesjid An Nur memang tidak salah! Ketika sampai di masjid tersebut, @runhood_mag langsung disajikan indahnya pemandangan masjid dengan latar belakang langit Pekanbaru yang mulai menguning. Mesjid An Nur yang berarti ‘cahaya’, memiliki disain yang terinspirasi dari Taj Mahal di India, dengan warna hijau dan abu-abu yang sangat selaras dengan lapangan rumput di kompleks masjid tersebut.



Kelelahan setelah long run di pusat kota, teman-teman @runhood_mag lalu memutuskan istirahat untuk water stop, di Sate Nantongga Pariaman di Jalan Pattimura. Untuk melengkapi sate yang disantap, mereka memesan minuman dingin yaitu Air Akar, yang terbuat dari akar cincau hijau dan tidak mengandung pewarna kimia. Minuman ini memiliki rasa unik dari campuran santan campuran manisan jeruk. Sangat nikmat untuk menghilangkan dahaga selepas berlari jauh!



Perjalanan kemudian berlanjut menuju sebuah jalan ikonis di Pekanbaru bernama Jalan Karet. Pada Tahun Baru Cina, kawasan pecinan ini selalu meriah dan menjadi magnet wisata dengan berbagai macam perayaan seperti atraksi Barongsai dan kembang api, lengkap dengan jajaran hiasan lampion merahnya. Walaupun saat itu tidak ada perayaan apapun, kawasan ini tetap seru untuk dilihat karena memiliki bangunan menarik dengan berbagai warna yang mencolok.



Untuk menutup #runningconnect the city di hari itu, teman-teman @runhood_mag memutuskan untuk makan malam di salah satu toko kopi tertua di Jalan Juanda, yaitu Megaria. Tempat ini juga wajib dicoba untuk wisata kuliner karena terkenal dengan mie pangsitnya yang lezat dan telah ada sejak tahun 1970-an.



New day, new journey, new discovery
!

Di hari kedua ini, @runhood_mag sangat tak sabar memulai track day (berlari di lintasan lari) mereka bersama running crew setempat, yaitu @libuRUN, di stadion Kaharuddin Nasution yang merupakan sebuah stadion tua sebelum kemudian pemerintah Provinsi Riau merenovasi seluruh fasilitas di sana. Sebelum renovasi, stadion Kaharuddin Nasution memiliki kapasitas yang sangat terbatas dan hanya memiliki lapangan sepakbola. Namun sekarang, stadion ini dapat menampung sekitar 20.000 penonton dan juga memiliki track yang biasa digunakan para atlet untuk melakukan pemanasan.



Di stadion tersebut, running crew @runhood_mag ditemani @libuRUN melakukan sesi interval 400x5. Di sela-sela water stop, mereka pun bertemu dengan Kirun, seorang pelari jarak menengah dengan yang sebelumnya pernah menekuni sepak bola dan bermain di Liga Indonesia Divisi 3. Sekarang ini Kirun memiliki spesialisasi di jarak 800m dan 1500m, dan di bulan Oktober mendatang dia akan mengikuti PON di Jawa Barat dengan harapan bisa meraih medali emas dan lolos seleksi di kancah Asia untuk mewakili Indonesia. Selain dengan Kirun, mereka juga sempat ngobrol-ngobrol bersama Hernius Siantar, yang pernah menjadi atlet steeplechase (pacuan kuda dengan rintangan) Riau dan sekarang menjadi pelari jarak menengah dengan spesialisasi 800m.



Perjalanan #runningconnect di hari itu pun kembali berlanjut. Kali ini, teman-teman @libuRUN mengajak @runhood_mag untuk mencoba rute lari di camp Chevron yang terletak di Rumbai, sebuah kecamatan di Pekanbaru, Riau. Rute lari di camp Chevron sangat tenang dan nyaman bagi pelari. Camp tersebut memiliki area pemukiman yang indah, dengan trotoar yang bagus dan pemandangan yang asri. Kawasan ini sangat cocok untuk mendapatkan udara segar.



Di sana ada lapangan softball, dimana terkadang kita bisa menemukan tim softball camp Chevron berlatih di sana. Selain itu ada terdapat juga sebuah taman yang indah, damai dan luas. Sebuah tempat yang sempurna untuk berjalan-jalan santai dan beristirahat dari segala kesibukan dan kepenatan. Dan yang tidak kalah penting, tempat yang sangat indah untuk berlari sambil berfoto-foto!



Apabila kamu berlari di rute tersebut, sangat disarankan untuk membawa air yang cukup karena di sana tidak banyak terdapat hydration point seperti mini market, dll. Dan juga sangat akan lebih pas untuk mengunjungi rute lari di camp Chevron pada sore hari, sehingga kamu bisa berlari sambil menikmati sunset sampai akhirnya tida di titik finish yaitu di country club di camp tersebut.

Setelah dua hari di Pekanbaru, teman-teman @runhood_mag pun merasa lebih terhubung dan mengenal kota ini lebih dekat. Selain dikenal sebagai kota minyak, Pekanbaru juga dikenal sebagai kota yang sering tercekik oleh asap akibat kebakaran hutan Kalimantan. Dan walaupun tidak banyak memiliki tempat-tempat wisata, kota ini sangat bersih dan modern dengan berbagi bangunan dengan aristektur unik, namun tetap juga menjaga bangunan peninggalan terdahulu. @runhood_mag pun merasa sangat sangat terkesan dengan penduduk setempat yang memiliki pembawaan tenang dan ramah.

                                                                              PEKANBARU: CONNECTED!





WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES