Ayo Bermain Boardgame Buatan Indonesia

lifestyle published over a year ago




Tumbuhnya industri boardgame dunia, atau lebih tepatnya tabletop game, cukup menarik perhatian. Nilai industri tersebut di wilayah Amerika Utara saja mencapai USD 700 juta.

Di Indonesia, industrinya memang masih kecil dan belum terpantau oleh analisa pasar. Namun seperti industri game secara umum, yang mencakup game digital, kebanyakan pelaku industri ini adalah perusahaan asing.

Namun ada beberapa game asli Indonesia yang layak jadi sorotan, dan mulai hadir di pasaran. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Mat Goceng

Game terbitan Manikmaya Games ini menghadirkan tokoh-tokoh yang kental dengan kisah Betawi di masa penjajahan. Tokoh utamanya bernama Mat Goceng, seorang pendekar khas Betawi yang mengingatkan pada tokoh legendaris Si Pitung.

Uniknya game ini adalah setiap pemain akan mendapatkan salah satu peran, dan setiap peran akan memiliki tujuan permainan yang berbeda. Dengan keterbatasan kartu untuk bertarung, dan keterbatasan koin, permainan ini menjadi ramai oleh saling gertak dan negosiasi antar pemain.


2.
Mahardika

Masih dari Manikmaya, terdapat juga game dengan judul Mahardika. Game ini menampilkan tokoh-tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia, mulai dari Sukarno, Hatta, Sjahrir hingga Tan Malaka, Sudirman maupun Ki Hajar Dewantara.

Namun game Mahardika belum tersedia di pasaran Indonesia. Game ini baru direncanakan untuk hadir di akhir 2014.


3.
Vandaria Arkana

Meski namanya terdengar asing, Vandaria adalah trading card game Indonesia yang sudah cukup lama hadir di Tanah Air. Pada 2013, game ini lahir kembali dengan nama Vandaria Arkana.

Hal yang menarik dari game ini adalah, latar game merupakan dunia Vandaria Saga yang hidup juga berbagai buku (novel dan cerita pendek). Di dunia Vandaria, game Arkana merupakan salah satu bentuk permainan yang dimainkan oleh tokoh-tokoh di dunia tersebut.

Dunia Vandaria ini memiliki komunitas yang cukup loyal, terutama di kalangan mahasiswa.


4.
Pet War

Memiliki nama lengkap Canvas Ranger Pet War, game kartu ini tampil dengan grafis lucu dengan gaya yang mengingatkan pada komik dan animasi Jepang.

Uniknya, permainan ini merupakan permainan kartu yang diciptakan oleh komunitas Canvas Ranger. Lewat kartu-kartu yang dimiliki, pemain akan saling menyerang dan berusaha untuk menjadi yang terakhir yang bertahan hidup.

Tentunya selain game-game di atas terdapat cukup banyak game yang sudah akrab dengan pemain di Indonesia. Game seperti Congklak, misalnya, yang di wilayah lain dikenal dengan sebutan Mancala.

Permainan sejenis yang juga akrab di Indonesia termasuk Monopoli, Ular Tangga, Scrabble atau bahkan permainan gundu alias kelereng pun bisa masuk ke kategori ini.

Ada juga game dengan julukan Surakarta, sebuah permainan tradisional yang konon berasal dari Jawa Tengah. Game ini dibawa ke Eropa, tepatnya ke Prancis, dengan nama Surakarta. Dalam buku "Classics Board Game" karya Sid Sacksons, game ini disebut Roundabout.

Board game Indonesia sejak dulu memang sudah ada, namun di masa sekarang mungkin agak terlupakan, sehingga perlu disegarkan kembali.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES