Apa itu Jakarta Smart City

lifestyle published over a year ago




Jakarta ditakdirkan sebagai smart city. Apapun yang terjadi, sebagai ibukota yang menaungi hampir 10 juta jiwa penduduknya, Jakarta dituntut untuk terus menjadi kota cerdas, dan siap disejajarkan dengan smart city lainnya di dunia, seperti Hong Kong, London, Berlin, dan New York.

Maka itu, Pemda DKI Jakarta dibawah komando Bapak Basuki Tjahaja Purnama alis Ahok telah mencanangkan program Jakarta Smart City. Apa itu?

Jakarta Smart City adalah penerapan konsep kota cerdas yang mengoptimalkan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk mengetahui, memahami, dan mengendalikan berbagai sumber daya di dalam kota dengan lebih efektif-efisien demi memaksimalkan pelayanan publik, memberikan solusi penyelesaian masalah, dan mendukung pembangunan berkelanjutan.

Sederhananya, Jakarta Smart City bertujuan untuk mewujudkan konsep kota cerdas yang memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan pelayanan publik.

Prasetyo Andy Wicaksono, Head of Technology Jakarta Smart City dalam pemaparannya di acara The NextDev Pulang Kampung di Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) Universitas indonesia, mengatakan ada lima hal yang menjadi fokus smart city di Jakarta. Kelima hal itu adalah environmet, living, mobility, governance, economy, dan people.

“Misinya adalah mewujudkan Jakarta Baru yang informatif dan transparan serta mendukung kolaborasi melalui pemanfaatan teknologi untuk pelayanan masyarakat yang lebih baik,” katanya.

Berbagai perangkat pun sudah diluncurkan Pemda DKI untuk mencapai misi tersebut. Dalam hal informasi publik, Pemda DKI teah meluncurkan portal resmi jakarta.go.id, kanal YouTube resmi Pemprov DKI, serta application programming interface (API) bagi pengembang melalui api.jakarta.go.id

“Sedangkan untuk kolaborasi serta partisipasi publik, kami telah menampung komplain warga melalui delapan kanal resmi pelaporan,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga telah membuat crowdsourcing seperti petajakarta.org dan #KAKI5JKT yang merupakan kolaborasi dengan startup lokal serta universitas teknologi terkemuka luar negeri.

Khusus #KAKI5JKT, Pemda DKI berkomitmen untuk meng-online-kan pedagang kali lima yang tersebar di Jakarta. Program di bawah monitor Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta ini diharapkan dapat membantu meningkatkan pendapatan PKL, serta memberikan rasa aman kepada masyarakat, sebab PKL yang terjaring telah tersertifikasi oleh BPPOM.

Sumber: thenextdev.id




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES