6 Tips Agar Hasil Foto Smartphone Terlihat Bagus

lifestyle published over a year ago




Tidak heran jika fotografer profesional menjadikan smartphone sebagai 'senjata' cadangan saat sedang hunting foto di lokasi ramai, seperti street photography. Sebab, kualitas kamera yang ditawarkan oleh berbagai smartphone pun sangat menjanjikan untuk menghasilkan foto yang baik, bahkan hampir setara dengan hasil foto kamera DSLR.

Maka dari itu, pengguna smartphone kian memamerkan hasil foto 'jepretan' mereka melalui media sosial. Jika Anda salah satunya, tak ada salahnya jika Anda menyimak 6 tips agar hasil foto 'jepretan' smartphone terlihat bagus berikut ini.

1. Gunakan Fitur HDR di Waktu Yang Tepat

Fitur HDR (High Dynamic Range) berfungsi untuk memaksimalkan detail foto dengan menyatukan tingkat exposure yang berbeda. Misalnya, Anda ingin mengambil lanskap pemandangan dengan tingkat cahaya pada langit terlalu terang, sedangkan terlihat gelap pada bagian tanah, maka fitur HDR akan menyatukan perbedaan exposure tersebut hingga menjadikan sebuah foto lanskap pemandangan dengan tingkat cahaya dan kontras yang setara atau balance.


Oleh karena itu, jika Anda tidak ingin mendapatkan foto dengan tingkat cahaya yang ekstrim atau kontras yang terlalu tinggi, maka fitur HDR akan sangat membantu. Jangan pernah menggunakan fitur HDR di tempat gelap, karena hasilnya akan blur atau sangat buram.

2. Jangan Terlalu Banyak Menggerakan Tangan

Tentunya Anda tidak menginginkan hasil foto yang blur atau buram. Solusinya adalah jangan terlalu banyak menggerakan tangan saat hendak memotret. Smartphone tidak memiliki tingkat kestabilan sebaik kamera DSLR.


Tipsnya adalah, jangan pernah menekan tombol shutter pada smartphone, seperti tombol volume. Lebih baik Anda menyentuh icon shutter pada layar smartphone demi mengurangi gerakan yang berlebih. Atau, gunakan earphone dan tekan tombol volume yang ada pada earphone untuk menggantikan fungsi shutter pada layar. Dan, menggunakan tripod adalah solusi terbaik.

3. Arahkan Subjek Ke Cahaya

Akan lebih baik jika Anda mengarahkan subjek foto ke cahaya, agar subjek terlihat jelas. Contoh, foto wajah seseorang. Biarkan cahaya menerangi wajah subjek, apalagi jika subjek berada di dalam ruangan. Jangan biarkan subjek terlihat gelap dan samar-samar, sebab tujuan Anda memotret subjek memang untuk memamerkannya bukan?


4. Ubah Foto Gelap Menjadi 'Hitam Putih'

Mengambil foto dalam ruangan gelap memang sangat menyebalkan. Selain sulituntuk mendapatkan gambar yang baik, noise karena ISO tinggi pun akan terlihat pada hasil foto. Jika tidak bisa diakali, maka satu-satunya solusi adalah merubahnya foto berwarna menjadi foto hitam putih atau monotone.


Dengan merubah foto menjadi monotone maka noise pun akan terlihat samar jika dibandingkan dengan hasil foto berwarna.

5. Kontrol Pencahayaan

Kamera smartphone memiliki fitur spot meter, yakni mengatur tingkat kontras dan pencahayaan dengan sekali sentuh saja. Jangan pernah malas untuk menggunakan fitur spot meter, karena fitur ini sangat mempengaruhi kualitas hasil foto Anda. Lagipula, spot meter juga berfungsi untuk mengukur tingkat kefokusan pada subjek. Jadi Anda tak kesulitan untuk mengambil gambar dengan tingkat pencahayaan yang baik serta kefokusan gambar pun tetap terjaga.


6. Jangan Ragu Menggunakan Aplikasi Edit Foto

Siapa bilang mengedit foto membuat Anda terlihat seperti fotografer amatir? Bahkan fotografer profesional pun tak lepas dari penggunaan software dan aplikasi yang dapat membuat hasil foto terlihat seperti yang diinginkan. Oleh karena itu, jangan pernah ragu untuk menggunakan aplikasi edit foto dan memberi sentuhan filter untuk menyempurnakannya.


Memang benar, foto dengan hasil natural lebih menarik. Namun, ini hanya masalah selera.

Itulah 6 tips agar hasil foto 'jepretan' smartphone terlihat bagus.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES