100 Robot Ini Dapat Melipat Seperti Origami

lifestyle published over a year ago




Sebuah tim di Institut Teknologi Massachusetts (MIT) Computer Science and Artificial Intelegent Lab (CSAIL) telah membangun sebuah taman futuristik yang dihuni oleh ratusan robot yang dapat melipat seperti origami, bergerak seperti hewan, dan mekar seperti bunga sungguhan.

Taman robot ini memiliki dua fungsi: Pertama, untuk mengundang rasa penasaran kaum muda, khususnya anak kecil, agar menyukai dan mempelajari teknologi. Kedua, sebagai gelaran pameran bagi tim MIT yang selama ini telah bekerja keras membangun dan menciptakan karya-karya yang inovatif.

Ada ratusan robot di taman ini, seperti robot sapi yang dapat berjalan dan dibentuk menggunakan kertas origami, serta robot bebek yang dapat berenang dan melipat seperti origami saat dihangatkan dalam oven.


Gambar: Robot Origami

Ada pula robot bunga yang dapat mekar layaknya bunga sungguhan. Ada 8 jenis robot bunga, seperti bunga lili, tulip, dan bird of crane atau bunga pisang-pisangan. Di setiap kelopak bunga terdapat lampu LED yang dapat menyala dan berganti warna sesuai keinginan kita.



Seluruh robot yang menghuni di taman tersebut dikontrol melalui tablet atau bluetooth dengan sistem yang dikembangkan oleh tim MIT. Untuk mengontrol robot bunga digunakan sistem "control by click", yakni dikontrol hanya dengan menenakan tombol. Sedangkan robot- robot lain digerakkan dengan sistem "control by code" atau menggunakan sistem dengan kode tersendiri.

MIT mengharapkan agar di masa depan murid-murid lainnya dapat bekerjasama untuk mengembangkan taman ini dan membuat agar robot- robot origami tersebut tak hanya dapat dikontrol melalui tablet saja, namun juga dapat digerakkan dengan semua perangkat yang ada.




Tags : Robot Origami
WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES