Tips Mengatasi Masalah Touchscreen di Smartphone Android

innovation published 345 Days ago




Tips Mengatasi Masalah Touchscreen di Smartphone Android

Semua smartphone Android telah mengadaptasi sistem layar sentuh atau touchscreen untuk memberikan kemudahan bagi penggunanya saat berinteraksi dengan smartphone. Meskipun begitu, terkadang kamu menemukan berbagai permasalahan pada touchscreen, seperti kinerja touchscreen yang tidak responsif, tidak tepat sasaran, dll.

Ada beberapa penyebab yang membuat kinerja touchscreen menurun. Dan ketika touchscreen Android kamu bermasalah, sebaiknya kamu jangan panik. Belum tentu permasalahan tersebut disebabkan oleh hardware-nya.

Sebagai pengguna smartphone Android yang cerdas, tentunya kamu harus mengetahui penyebab masalah tersebut, serta cara untuk mengatasinya. Berikut ragam tips untuk mengatasi masalah touchscreen di smartphone Android.

1. Periksa Penggunaan RAM di Android

Saat touchscreen kamu bermasalah, maka hal pertama yang harus kamu cek adalah penggunaan RAM di smartphone kamu. Jika touchscreen kamu tidak responsif, mungkin sistem aplikasi yang sedang kamu gunakan sedang mengalami error. Pasalnya, Android merupakan salah satu platform yang cukup menghabiskan ruang pada RAM.

Terlebih dahulu, cek kapasitas RAM di smartphone kamu, apakah cukup besar atau tidak. Jika tidak terlalu besar, maka periksa aplikasi yang kamu miliki. Kalau kamu menemukan aplikasi yang memenuhi ruang pada RAM, maka segera hapus aplikasi tersebut. Sebab, karena RAM yang penuh dapat menyebabkan kinerja touchscreen Android kamu menurun dan mengalami masalah.

2. Segera Aktifkan GPU 2D Rendering

Cara kedua adalah mengaktifkan Force GPU Rendering. Sebab, salah satu penyebab touchscreen kamu bermasalah adalah kinerja sektor transisisi yang buruk. Maka dari itu, kamu harus mengaktifkan fitur Force GPU Rendering agar elemen antarmuka jadi jauh lebih ringan daripada sebelumnya.

Lantas, bagaimana cara mengaktifkannya? Begini caranya:

- Buka Settings.

- Pilih About Phone.

- Dan tap menu Build Number sebanyak tujuh kali untuk mengaktifkan menu Developer Options.

- Setelah menu tersebut aktif, kembali ke menu utama Settings.

- Selanjutnya pilih Developer Options.

- Terakhir, aktifkan opsi Force GPU Rendering.

3. Kalibrasi Layar Smartphone Android

Cara yang ketiga adalah dengan melakukan kalibrasi layar smartphone Android. Seiring dengan pemakaian smartphone Android yang semakin lama kamu gunakan, maka tampilan layar cenderung dapat menjadi lebih hangat atau bahkan terlihat lebih dingin. Maka dari itu, kamu wajib untuk mengoreksi warna perangkat Android kamu dengan cara melalukan kalibrasi layar smartphone.

Untuk melalukan kalibrasi, kamu bisa mengunduh aplikasi Touchscreen Calibration. Kemudian, instal dan cukup gunakan aplikasi tersebut dengan cara mudah.

4. Masuk ke Safe Mode

Jika kamu merasa layar smartphone error akibat terlalu banyak aplikasi yang terinstal dari berbagai sumber, maka cobalah untuk masuk ke Safe Mode. Sebab, dengan mengaktifkan Safe Mode, maka platform Android hanya akan menjalankan aplikasi bawaan saja, sehingga kinerja sistem pada smartphone akan jauh lebih ringan.

Untuk masuk ke Safe Mode, kamu hanya perlu menekan tombol Power, kemudian pilih dan tahan lebih lama opsi Power Off, maka akan muncul pilihan Reboot to safe mode, dan Pilih OK.

5. Jangan Sembarangan Pakai Charger

Jika touchscreen kamu bermasalah saat smartphone sedang dalam kondisi di-charge, maka kemungkinan besar penyebabnya bukan karena sistem, namun pada jenis charger yang kamu gunakan. Maka dari itu, jangan pernah menggunakan sembarang charger palsu. Sebab charger yang tidak bersertifikat memiliki output listrik yang berbeda dan dapat menyebab kerusakan pada sistem smartphone.

Itu berbagai tips untuk mengatasi masalah touchscreen pada smartphone Android. Jika touchscreen kamu sudah melakukan berbagai penyelesaian dengan cara-cara di atas tadi, namun touchscreen kamu masih juga bermasalah, maka kamu disarankan untuk mengunjungi service center atau ahli perbaikan touchscreen smartphone Android.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES