Tips Hemat Baterai Saat Streaming YouTube di Android

innovation published 306 Days ago




Mengakses layanan hiburan melalui smartphone memang sangat mengasyikan. Salah satu layanan favorit bagi para pengguna smartphone adalah melakukan streaming video di YouTube. Terlebih lagi jika kamu telah menggunakan jaringan 4G LTE yang memberikan akses super cepat dan stabil.

Di YouTube, kamu bisa mencari berbagai jenis video menarik dari seluruh dunia. Menariknya lagi, kamu bisa mendapatkan video musik terbaru dari artis internasional. Bahkan selalu ada musik baru hasil cover para musisi kreatif yang wajib kamu lihat.

Namun, masalah yang ditimbulkan akibat sering mengakses streaming YouTube adalah terkurasnya daya baterai atau baterai jadi lebih cepat habis. Sebab, saat mengakses YouTube maka layar smartphone kamu akan berada di kondisi tetap menyala dan tidak pernah padam.

Apabila kamu menekan tombol home atau beralih ke aplikasi lain, maka kegiatan streaming akan terputus. Walhasil, YouTube akan menghentikan atau menunda video yang sedang diputar.

Ada cara jitu yang bisa kamu coba agar kegiatan mengakses smartphone tidak mengganggu streaming video, yakni dengan menggunakan bantuan dari aplikasi pihak ketiga. Berikut ini dua aplikasi yang bisa kamu gunakan:

1. Black Screen of Life

Dengan bantuan aplikasi Black Screen of Life (BSOL), kamu bisa tetap mengakses streaming musik di YouTube walau layar smartphone padam. Sebab, layar Android yang padam akan menghemat baterai smartphone.

Terlebih dahulu, kamu harus mengunduh dan menginstal aplikasi BSOL di smartphone Android. Kemudian ubah status aplikasi dari Disable menjadi Enable. Jika sudah aktif, maka tanda BSOL akan tampil di notification bar.

Cara menggunakannya cukup mudah. Jadi, saat kamu sedang streaming musik di YouTube, tutup bagian sensor proximity yang ada di bagian atas smartphone kamu dengan tangan atau kertas. Maka secara otomatis layar smartphone kamu akan padam, tapi musik yang kamu putar di YouTube tetap berjalan.

Sebagai informasi, sensor proximity biasanya digunakan untuk membuat layar smartphone padam saat menerima panggilan telepon. Dengan menutup bagian sensor proximity maka layar akan padam secara otomatis.

2. YouTube Music

Jika menutup sensor proximity terlalu sulit untuk dilakukan, maka kamu bisa mencoba aplikasi YouTube Music. Dengan aplikasi ini kamu bisa memutar musik di YouTube tanpa harus memutar videonya. Bahkan, kamu bisa memutar musik hasil cover yang ada di YouTube pada mode minimize, layaknya aplikasi pemutar musik pada umumnya.

Cara penggunaan aplikasi ini mudah sekali. Kamu hanya tinggal mengatur beberapa fitur yang tersedia, agar kamu dapat mendengarkan musik tanpa harus memutar videonya.

Itulah dua cara agar baterai smartphone Android kamu tetap hemat saat sedang melakukan streaming di YouTube. Selamat mencoba.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES