Tiga Tips Membuat Business Plan bagi Startup

innovation published over a year ago




Ada yang menarik dari sesi workshop berjudul “Build Your Own Startup” di acara The NextDev Pulang Kampung Pontianak, yang berlangsung di Gedung Auditorium Universitas Tanjungpura, dimana Abul Almaujudy, Co-Founder PT Jejaring Kreasi Digital atau yang akrab disapa Cak Uding memberikan tiga tips business plan bagi startup lokal.

Cak Uding mengutip survei Harvard Business School yang menyatakan 75% dari semua startup Amerika dinyatakan gagal. Dia bilang, penyebab terbesar karena mereka membangun startup dengan menggunakan business plan konvensional.

Menurut Cak Uding, ada tiga kekurangan menggunakan business plan konvensional. Pertama, produk konvensional sulit mendapat masukan dari pelanggan. Kedua, waktu pengembangan yang panjang tak sesuai dengan perkembangan market, dan Ketiga, membutuhkan investasi besar pada awal pengembangan.

Nah, berikut ini tiga tipsnya yang diberikan kepada kita agar kita membuat business plan yang tidak konvensional, dan sesuai dengan cara kerja startup.

1. Think in the present

Business plan yang baik adalah yang mencoba memprediksi masa depan. Hal tersebut tentu sangat sulit. Maka itu, desainlah lean canvas dengan pola pikir untuk menyelesaikan masalah yang ada saat ini

2. Use customer-centric approach

Pepatah bilang, “Business plans rarely survive first contact with customers”. Jadi, cobalah untuk menempatkan diri kalian sebagai pelanggan (customer).

3. Be Agile

Jangan khawatir untuk menempatkan ide spontan kalian di lean canvas. Anda bisa memperkaya dan melakukan finalisasi setelah tahu apa yang akan kalian isi pada lean canvas ini. Nah, apakah kalian sudah ingin mencoba-coba membuat startup? Pahami dulu lean canvas* seperti contoh berikut ini:



Sumber: thenextdev.id




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES