Teknologi 5G Mulai Diracik

innovation published over a year ago




Teknologi informasi dan komunikasi melesat dengan cepat. Ketika Indonesia masih berkutat dengan 3G dan baru coba menapaki 4G, di belahan dunia lain telah asyik bermain-main dengan 5G.

Sebagai teknologi komunikasi generasi kelima, tentu kecepatan yang dipancarkan 5G jauh lebih ngebut. Bahkan sampai berkali-kali lebih cepat dari 3G dan 4G.Dalam suatu uji coba yang dilakukan oleh Samsung misalnya, teknologi 5G mengukir kecepatan sampai 7,5 Gbps.

Bisa dibayangkan, apa yang bisa dilakukan oleh kita jika memiliki kecepatan internet dewa seperti itu. Kecepatan tersebut diperoleh Samsung saat mengujinya dalam keadaan diam.

Lantas bagaimana hasil pengujiannya bila diuji dalam kondisi bergerak? Ternyata tetap saja super cepat, yakni mencapai 1,2 Gbps. Dalam pengujian tersebut, Samsung melakukan sambil melaju di kecepatan 110 km per jam.

Seperti dilansir Phone Arena, pengujian ini dikatakan berjalan lancar dan stabil tanpa adanya interupsi sinyal sama sekali.

Untuk memungkinkan hasil ini Samsung kabarnya menggunakan frekuensi 28 GHz. Padahal frekuensi tersebut umumnya hanya digunakan untuk jangkauan pendek, namun Samsung berhasil mengakalinya lewat teknologi yang disebutnya Hybrid Adaptive Array Technology.

Teknologi tersebut diklaim berhasil membuat frekuensi 28 GHz mampu memberikan jangkauan yang lebih jauh. Pun begitu, teknologi 5G masih dalam jauh dari proses finalisasi, sehingga hasil ini belum bisa menjadi patokan.

Sebagai informasi, teknologi tertinggi 4G saat ini adalah LTE-Advanced yang diklaim sanggup menyodorkan kecepatan koneksi hingga 300 Mbps.




Tags : Teknologi 5G
WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES