Sudahkan Startup Memikirkan Revenue Stream and Cost Structure

innovation published over a year ago




Banyak hal yang perlu dipahami dalam membangun sebuah usaha rintisan atau startup. Salah satunya adalah mengenai revenue stream dan cost structure.

Chief Financial Officer Utoyo Capital Partners, Aditya Hadiputra memaparkan contoh kasus dari startup global mengenai cara mereka memulai usaha. Ia mencontohkan kasus Go-Jek yang secara teknis memiliki kemiripan dengan aplikasi Uber yang lebih dulu tercipta.

“Namun, mengapa Go-Jek bisa sangat terdengar di Silicon Valley? Sebab, Go-Jek hadir dengan sesuatu yang sama sekali tidak ditemukan di sana,” ujarnya.

Nah, mengenai cost structure, ada empat komponen penting yang mesti dipikirkan startup, antara lain biaya kantor, internet, listrik, dan sumber daya manusia.

Aditya mengatakan, cost structure yang paling penting di antara keempat komponen itu adalah human resource atau sumber daya manusia. Mengapa? “Karena pengeluaran terbesar ada di gaji karyawan. Apalagi saat ini, programmer memiliki gaji hingga Rp 10 sampai Rp 12 juta per bulan,” tutur Aditya.

Di sisi lain, revenue stream atau sumber-sumber pendapatan perusahaan bisa didapat dari iklan, margin dari suatu produk/servis, komisi, lead generation (konversi orang yang datang ke website kita), dan software sebagai servis.

Di luar sumber pendapatan itu, Aditya bilang bahwa untuk meningkatkan permodalan, startup mesti mencari investor. Ada tiga kriteria investor menurut Aditya, yang disingkat dengan 3F:

1) Friends. Teman adalah pihak yang memungkinkan untuk memberikan sumber dana, karena mereka biasanya sudah menaruh rasa percaya dengan kita.

2) Family. Keluarga adalah pihak yang mmendukung apapun usaha yang kita lakukan. Mereka belum tentu tahu produk apa yang kita buat, namun mereka pasti akan berhasrat untuk memberikan dana.

3) Fools. F ketiga ini didapat apabila level pitching kita sudah dewa. Artinya, ada orang “bodoh” yang tidak mengerti usaha kita, namun masih mau memberikan uangnya kepada kita.

Jadi, mana dari ketiga F itu yang mau berinvestasi pada startup kalian?

Sumber: thenextdev.id




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES