Pentingnya Perencanaan Keuangan dalam Sebuah Startup

innovation published over a year ago




Dalam hidup, merencanakan keuangan telah menjadi agenda rutin setiap bulan untuk bisa mengatur skala prioritas pengeluaran dari pemasukan/penerimaan yang ada. Ternyata, merencanakan keuangan juga diperlukan dalam menjalankan perusahaan rintisan (startup).

Mengapa startup harus membuat perencanaan keuangan? Menurut Abul Almaujudy, ‎Head of Operations di CODEinc (PT Lintas Jejaring Digital), perencanaan keuangan diperlukan untuk mengetahui kebutuhan dana startup, mempresentasikan visi kepada partner, karywan, dan calon investor, serta mengetahui apa yang harus dlakukan ketika dana habis.

Pria yang akrab disapa Cak Uding itu melanjutkan, dalam membuat startup, ada dua modal yang diperlukan. Pertama, capital expenditure, modal yang dibutuhkan untuk pembelian alat penunjang usaha. Bisa bersifat fisik maupun non fisik.

Kedua, operational expenditure atau modal yang dibutuhkan untuk mengoperasikan perusahaan secara normal dalam jangka waktu tertentu.



Setelah memiliki modal, startup harus menyusun arus kas. Isinya mengenai ringkasan penerimaan dan pengeluaran. Arus kas disebut positif apabila penerimaan berjalan lancar dan tidak banyak piutang.

“Sedapat mungkin untuk membuat keadaan kas dalam keadaan positif di setiap akhir bulan. Startup juga harus secara kreatif mencari sumber penerimaan,” tuturnya.

Yang perlu menjadi catatan adalah belum tentu laba berarti arus kas positif. “Belum tentu dalam keadaan sehat. Untung dihitung secara buku, bukan secara penerimaan aktual,” ujarnya.

Sumber: thenextdev.id




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES