Obama Sang Coder In Chief

innovation published over a year ago




Sebagai Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dijuluki Commander In Chief, karena ia adalah pemegang kekuasaan tertinggi untuk militer AS. Namun pada satu hari yang bersejarah, Obama memperoleh julukan baru: Coder In Chief.

Julukan itu diberikan pada Obama setengah berkelakar, sedikit plesetan, namun dengan makna serius di belakangnya. Obama diyakini sebagai Presiden AS pertama dalam sejarah yang telah menulis kode pemrograman.

Hal itu dilakukan Obama saat membuka Computer Science Education Week di AS pada awal Desember 2014. Tentunya kode yang ia tuliskan terbilang sangat sederhana, tapi justru hal itu yang dianggap menggembirakan.

Hadi Partobi, pendiri Code.org, sebuah organisasi yang mempromosikan pendidikan komputer bagi semua orang, menyebutkan bahwa semua orang pasti memulai dengan sederhana.

"Semua pemrograman pasti awalnya sederhana. Tak ada seseorang yang memulai (pemrograman) dengan memuat game yang rumit," ujar Partovi kepada Wired.

Apa yang dilakukan Obama adalah bagian dari kampanya "HOur of Code" yang digelar Code.org sejak 2013. Tujuannya, mencoba meyakinkan siswa untuk mencoba setidaknya satu jam pemrograman untuk mengetahui bahwa dasar-dasar pemrograman itu mudah untuk dipelajari.

Ini adalah bagian dari gerakan yang lebih besar untuk membangun kesadaran manusia akan kode pemrograman. Dengan semakin kuatnya peranan teknologi informasi di kehidupan manusia, maka setiap orang di bumi ini seharusnya mengerti lebih jauh soal bagaimana komputer beroperasi.

Ibaratnya pengetahuan baca-tulis, yang saat ini sudah wajib dimiliki semua orang, demikian pula pengetahuan akan kode pemrograman, atau setidaknya dasar-dasar cara kerja sistem dan teknologi informasi.

Kode yang ditulis Obama adalah bagian dari sebuah kegiatan yang digelar Code.org yang membawa 20 siswa sekolah menengah ke Gedung Putih. Dalam kegiatan itu, mereka mengerjakan tutorial satu jam tentang pemrograman. Obama tidak menyelesaikan seluruh tutorial itu, namun ia sempat mencoba menulis satu baris code JavaScript.

Meski sangat sederhana, dan mungkin sifatnya simbolik, apa yang dilakukan Obama jadi langkah awal yang diharapkan mendorong lebih banyak orang untuk mengenal kode pemrograman.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES