Mewujudkan Kota Pintar di Indonesia

innovation published over a year ago




Smart city alias kota pintar bisa saja diwujudkan di Indonesia. Guru Besar STEI Institut Teknologi Bandung, Suhono Harso Supangkat, mengatakan ada beberapa hal yang menjadi syaratnya.

Salah satunya, Indonesia butuh akses broadband yang stabil dan luas. "Teknologi broadband adalah salah satu yang dibutuhkan untuk mewujudkan smart city dari sisi infrastruktur selain transportasi umum, air, energi, lingkungan hidup. Faktor lainnya adalah kepemimpinan, komitmen dan peran serta swasta, masyarakat, dan universitas," paparnya.

Konsep Smart City pada umumnya adalah suatu konsep bagaimana situasi kota bisa diketahui oleh pengelolanya, warganya, atau calon pendatang, sehingga kalau ada ketidakberesan di suatu kota, pemangku kepentingan bisa segera mengambil keputusan segera.

Menurut Suhono, proses pengukuran, mulai dari mengetahui hingga antisipasi atau adaptasi akan bisa cepat jika dibantu dengan teknologi informasi dan komunikasi. Prosesnya merupakan urutan sensing (mengukur), understanding (mengetahui), hingga controlling (pengendalian).

"Tinggal pasang sensor di kotanya, nanti laporan masuk secara real-time. Ini akan mempercepat pemimpin untuk mengambil keputusan. Nanti tinggal manfatkan cloud computing untuk penyimpanan dan analisa data," jelasnya.

Lebih lanjut diungkapkan olehnya, kendala untuk mewujudkan smart city itu sebenarnya ada pada pola pikir, pola tindak, dan budaya masyarakat kota.

"Kalau bicara masalah infrastruktur kan bisa kolaborasi swasta-pemerintah. Bicara investasi untuk mewujudkan smart city akan sangat tergantung dari infrastruktur yang ada dan keinginan sampai di mana level kepuasan penduduk untuk nyaman, aman, dan sejahtera," jelasnya lebih lanjut.

"Partisipasi aktif masyarakat pun menjadi kekuatan kita untuk menciptakan perkotaan di Indonesia ke arah yang lebih baik," pungkas salah satu guru besar di kampus ITB ini.

Sumber: inet.detik.com




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES