Menjaga Privasi Anak di Internet

innovation published 281 Days ago




Menjaga Privasi Anak di Internet

Usia anak-anak adalah usia serba mau tahu. Terlebih lagi jika sudah kenal dengan internet, sudah pasti sulit menahan keingintahuan mereka. Banyak orang tua merasa bangga anaknya sudah mampu berinternet-ria, tanpa sadar ada banyak ancaman mengintai. Bahkan si anak diberi kebebasan penuh untuk berselancar di dunia maya.

Ada yang namanya predator dunia maya, yang sengaja mengincar user internet pemula. Mereka ini senang memperdaya user anak-anak yang masih polos, untuk memberikan data penting orang tuanya. Lalu ada lagi ancaman cyberbully, pelecehan terhadap anak dan remaja. Yang tidak kalah bahaya adalah para scammer yang memanipulasi informasi penting anak.

Maka orangtua sebaiknya sudah mulai memberi pemahaman tentang menjaga privasi online kepada anak-anak. Bagaimana caranya? Berikut ada 7 langkah yang bisa dilakukan orangtua:

1. Ajarkan anak mengatur setting privasi di media sosial yang ia ikuti, misalnya Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain-lain. Beri pengertian kenapa itu harus dilakukan, yaitu mencegah agar data mereka tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

2. Awasi foto dan video yang diunggah anak. Walau sudah diberitahu bahwa mereka tidak boleh mengunggah foto dalam pose terbuka atau video yang terlalu pribadi, kadang anak lupa atau sengaja melanggar. Maka tetap awasi mereka, dan segera tegur jika masih melakukan hal yang sudah dilarang. Beri tahu apa akibatnya jika masih mengunggah foto yang terlalu pribadi.

3. Ingatkan anak-anak untuk tidak mem-posting email dan nomor telepon di media sosial, apalagi yang masih ber-setting publik.

4. Katakan bahwa password hanya boleh dibagikan ke orang tua saja, bukan ke teman atau orang lain.

5. Minta anak agar tidak membalas email yang meminta informasi pribadi, dan langsung menghapus email yang berasal dari pengirim tak dikenal.

6. Ajari anak untuk membuat nama user email yang tidak langsung bisa ditebak, misalnya yang mengandung nama lengkap, tanggal lahir, bahkan alamat. Buatlah username yang tidak dapat dikenali apakah pemiliknya lelaki atau perempuan.

7. Ingatkan anak agar segera melapor pada orangtua atau guru jika ada yang berbuat tidak menyenangkan atau membuatnya merasa terancam di dunia maya.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES