Lets Think Before Posting

innovation published 329 Days ago




Let’s Think Before Posting

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan saat menggunakan media sosial dan mem-posting sesuatu. Tidak semua hal pas dan pantas disebarluaskan kepada orang lain. Sebelum meng-update status media sosial, perhatikan beberapa tips di bawah ini:

1. Yang Penting Tepat, Bukan Cepat
Di media sosial maupun media online lainnya, orang seolah berlomba-lomba menyebarkan kabar, ingin dianggap paling dahulu atau paling cepat menyebarkan sesuatu. Demi mengejar kecepatan, mereka akhirnya mengabaikan ketepatan. Sudah merasa cepat meng-update status, ternyata informasinya tidak tepat bahkan salah. Ini sangat memalukan dan merusak reputasi. Jadi kalau belum yakin atas ketepatan informasi, pikirkan dulu berulang kali: merugikan diri sendiri kah? Merugikan orang lain kah? Apa dampaknya ya? Posting gak ya?

2. Hindari Copas atau Plagiat
Hampir sama dengan poin pertama, ini adalah soal kesoktahuan. Ada saja netizen yang menuliskan informasi dengan tujuan ingin dianggap tahu banyak hal. Padahal informasi yang ia baca dari sumber yang sama-sama dibaca oleh jutaan orang. Sebaiknya informasi publik yang kita sampaikan di media sosial disebutkan juga sumber atau referensinya. Hal ini selain menghargai ilmu pengetahuan, juga mencegah cemoohan orang pada kita sebagai spesialis copas (copy/paste) atau plagiator.

3. Sampaikan ke Orangnya Langsung
Jika punya masalah dengan seseorang, sebaiknya tidak di-posting di media sosial. Bedakan mana ranah pribadi dan mana ranah publik. Sampaikan saja masalah langsung kepada orang yang tersebut, sebab mengumbarnya di media sosial bukannya menyelesaikan persoalan malah bisa menjadi bumerang jika yang bersangkutan mengadukan kita ke polisi dengan pasal 27 ayat 3 UU ITE.

4. Tahan Diri, Teliti Kembali
Jika mendapatkan sebaran informasi, baik berupa teks, gambar, link berita, sebaiknya teliti kembali apa isinya. Tahan diri untuk menyebarkan informasi tersebut, sebab bisa jadi isinya adalah berita bohong yang dibuat oleh media online yang berprinsip asal cepat (walaupun tidak tepat dan akurat) atau gambar hoax.

5. Boleh Kritik Asalkan Bahasanya Baik
Jangan salah paham. Jadikan media sosial sebagai media untuk menyampaikan kabar yang benar dan kritik terhadap yang tidak baik. Lakukan kritik jika itu bermanfaat untuk kepentingan publik. Namun tetap sampaikan dengan bahasa yang baik dan tidak melanggar hukum dan norma sosial.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES