Inilah yang Perlu Didiskusikan Orangtua dan Anak Soal Gadget dan Internet

innovation published over a year ago




Inilah yang Perlu Didiskusikan Orangtua dan Anak Soal Gadget dan Internet

Anak yang lahir sesudah tahun 1995 sudah mengenal gadget sejak duduk di bangku SD dan sebagian sudah mulai terbiasa menggunakan internet. Mereka biasa disebut “digital native”. Namun demikian, banyak orang tua merasa serba salah dalam menyikapi pemberian gadget dan akses internet untuk anak. Banyak orangtua menyadari bahwa sebenarnya internet tidak sepenuhnya baik dan aman bagi anak-anak. Ada hal-hal buruk yang tidak pantas dilihat anak. Di sisi lain, cukup banyak alasan orangtua untuk memberikan akses internet bagi anak-anaknya, antara lain “untuk memudahkan komunikasi”, “untuk mengerjakan tugas sekolah”, “agar dia tenang main di rumah”, “masa’ mau kembali ke zaman batu?”, dan berbagai alasan lainnya.

Penggunaan internet oleh anak membutuhkan tanggung jawab kedua belah pihak, baik orang tua maupun anak tersebut. Berikut tiga hal yang perlu didiskusikan antara orang tua dan anak:

  1. Diskusikan Kebutuhannya

    Ketika anak meminta gadget dan akses ke internet, perlu tuntas dibicarakan mengapa anak perlu memiliki gadget dan atau mendapatkan akses ke internet. Orang tua tidak perlu khawatir dianggap gagap teknologi atau tidak “kekinian,” karena justru di sinilah kesempatan mengajari anak bahwa membeli atau memiliki sesuatu harus berdasarkan kebutuhan, bukan karena latah atau mengikuti tren. Harus dipastikan juga, bahwa teknologi yang dipakai, termasuk biaya yang harus (rutin) dibayarkan, sesuai dengan kebutuhan.
  1. Diskusikan Tanggung Jawabnya

    Sebelum anak menggunakan untuk pertama kalinya gadget atau internet yang disediakan orang tua, pastikan sudah ada kesepakatan mengenai aturan penggunaan dan konsekuensinya. Anak harus paham, bahwa orang tua berhak menanyakan untuk apa dan bagaimana teknologi tersebut digunakan. Orang tua juga berhak memeriksa isi ponsel anak. Tetapkan dan tegaskan konsekuensi kepada anak apabila gadget atau internet terbukti disalahgunakan.
  1. Diskusikan Risikonya

    Baik orang tua maupun anak harus memahami tentang penyalahgunaan, resiko ataupun hal negatif yang dapat timbul dari penggunaan gadget atau internet; sekaligus cara pencegahan dan bagaimana menghindarinya. Selalu ingatkan kepada anak untuk menceritakan kepada orang tua tentang hal yang membuatnya tidak nyaman saat menggunakan gadget atau internet.



WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES