Evolusi Messaging: Bang SMS Siapa Ini Bang

innovation published over a year ago




"Bang, SMS siapa ini bang? Bang, pesannya pakai sayang-sayang.."

Dari anak kecil sampai orang dewasa tahu penggalan lirik lagu milik Ria Amelia ini. Memang, waktu itu SMS lagi jaya-jayanya, apalagi di era 2000-an awal. SMS tak cuma happening, tapi booming.

Sejak ponsel makin bisa kebeli dan kartu SIM-nya pun sudah bisa prabayar serta dijual bebas, SMS menjadi 'the new killer feature' bagi para operator seluler.

Ya karena pada waktu itu, tarif untuk menelepon lewat ponsel masih sangat mahal. SMS pun akhirnya lebih diminati karena masih terjangkau harganya.

Sekali kirim SMS waktu itu cuma kena potong pulsa Rp 350 saja. SMS pun laris manis jadi andalan messaging kala itu.

Dengan jumlah keterbatasan yang mentok 160 karakter saja, akhirnya ada pula tren untuk menyingkat kata supaya bisa lebih irit dalam berkirim pesan.

Awalnya, SMS cuma bisa kita kirim ke sesama operator saja. Misalnya, cuma ke sesama pengguna Telkomsel saja. Kondisi ini sempat berlangsung beberapa lama.

Namun pada akhirnya di pertengahan 2000, kita bisa saling berkirim SMS ke teman kita yang pakai nomor operator lain setelah interkoneksinya dibuka. Sejak saat itu, SMS pun booming, tumbuh pesat penggunaannya.

Mulai dari ponsel murah Nokia 3310 sampai yang paling mahal Nokia Communicator saat itu, tetap saja fitur utama yang digunakan adalah untuk SMS.

Saking trennya penggunaan SMS, banyak dari kita yang bisa menuliskan SMS tanpa harus melihat ponsel. Cukup satu tangan, tinggal ketak-ketik dengan jempol, SMS pun bisa dikirim hanya dengan sekejap melirik untuk mencari nomor tujuan di kontak ponsel kita.

Memang sih, sampai saat ini fitur SMS masih banyak yang pakai. Namun belakangan, dengan mulai beralihnya pengguna basic phone dan feature phone ke smartphone, SMS tak cuma satu-satunya pilihan utama dalam text messaging.

Demikian sekilas tentang evolusi SMS yang kita bahas dalam topik evolusi messaging dari masa ke masa. Nantikan tulisan kami berikutnya.

Gambar: By Garry Knight from London, England [CC-BY-SA-2.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/2.0)], via Wikimedia Commons




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES