Cara Memperpanjang Daya Hidup Baterai Smartphone

innovation published over a year ago




Kegunaan smartphone di kehidupan sehari-hari semakin dibutuhkan apalagi jika aktivitas harianmu memang sangat butuh smartphone untuk menyelesaikan segala masalah. Misal, mengecek email, chatting, memesan kendaraan, hiburan, hingga sekadar mencari berita melalui browser.

Pentingnya kehadiran smartphone dalam keseharianmu, membuat kamu menyandu dan tak ingin lepas dari smartphone. Tentunya hal tersebut menguras daya baterai. Agar smartphone tetap menyala, maka kamu menyiasatinya dengan membawa charger atau powerbank. Jadi, setiap kali baterainya habis maka kamu dapat segera melakukan pengisian ulang.

Namun, penggunaan smartphone yang berlebihan dapat membuat daya hidup baterainya cepat habis. Bahkan, kualitas baterai pun akan melemah, yang membuat kinerja ponsel menurun dan dapat menghambat segala kegiatan harianmu.

Ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperpanjang daya baterai smartphone. Jika kamu tak ingin baterai smartphone cepat habis, maka cobalah cara-cara berikut ini:

1. Jangan atur kecerahan layar hingga mencapai kecerahan maksimum. Tanpa disadari, hal ini dapat menguras daya baterai smartphone. Atur kecerahan layar seperlunya.

Jika smartphone kamu dilengkapi dengan fitur Auto Brightness, cobalah untuk mematikan fitur tersebut. Lalu atur tingkat pencahayaan layar secara manual.

2. Jangan membiarkan layar smartphone menyala dalam keadaan sedang tak digunakan. Sebab, kelalaian tersebut dapat membuat daya baterai cepat terkuras. Jika kamu sudah selesai menggunakan smartphone, segera kunci smartphone agar layarnya mati. Atau, setel fitur mematikan layar secara otomatis di smartphone.

3. Salah satu keunggulan smartphone adalah fitur push-mail, yang dapat mengirimkan notifikasi saat ada e-mail baru. Namun, fitur tersebut justru memakan daya baterai smartphone.

Jadi, di saat kamu sedang liburan dan tak mau diganggu oleh email, tak ada salahnya mematikan push-mail dan mengecek e-mail secara manual. Alternatif lain, Anda dapat menyetel push-mail dengan interval tertentu, misalnya per 30 menit, 60 menit, atau 90 menit.

4. Memasang widget dapat membuat tampilan smartphone menjadi keren. Tapi coba pikir sejenak, apa kamu betul-betul memerlukan widget tersebut? Jika tidak, lebih baik menyingkirkannya, terutama widget yang harus selalu terhubung ke internet seperti widget informasi cuaca.

Lebih parahnya, beberapa widget akan memperbarui informasinya melalui koneksi internet secara otomatis, dan tentunya hal tersebut akan menguras habis daya baterai.

Itulah tadi beberapa cara untuk memperpanjang daya baterai smartphone milikmu. Cobalah untuk mengurangi penggunaan smartphone jika ingin ponsel hidup lebih panjang, dan kamu pun lebih bisa melakukan sosialisasi secara nyata dengan orang sekitar.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES