Baterai Super Charging dalam Hitungan Detik

innovation published over a year ago




Baterai cepat habis masih jadi isu di kalangan pengguna gadget. Tenang, tak lama lagi di deretan telepon ganggam yang muncul di pasaran, bisa jadi bakal terpasang baterai yang akan langsung penuh tak sampai dua menit.

Ini bukanlah hal yang masih dalam angan-angan, tetapi sudah terealisasi dan sudah hadir prototipenya. Adalah startup bernama StoreDot yang berhasil menemukan teknologi baterai super yang bisa di-charging ngebut seperti itu.

Jika baterai lain membutuhkan waktu 1-2 jam untuk bisa terisi full, maka teknologi baterai StoreDot cukup membutuhkan waktu 2 menit untuk men-charging baterai berkapasitas 2.000 mAh. Bahkan dalam kapasitas yang lebih kecil, cuma sampai hitungan detik.

CEO StoreDot Doron Myersdorf mengungkapkan, teknologi yang diadopsi perusahaannya memiliki pendekatan yang berbeda dengan vendor kebanyakan. Ketimbang meningkatkan kapasitas baterai itu sendiri, StoreDot lebih memilih untuk merancang ulang struktur internal baterai sehingga dapat mengisi dengan cepat.

"Sebelumnya, teknologi ini didesain bukan sebagai tujuan utama. Tak ada yang berpikir untuk memberikan Anda energi yang sedikit, semua orang selalu menganggap harus memberi Anda energi yang berlebih," kata Myersdorf, dilansir Mashable.

Selain perbedaan filosofi tersebut, salah satu bumbu rahasia di dalam baterai besutan StoreDot adalah digunakannya synthesized organic molecules sehingga bisa mengisi ulang secara cepat.

"Kami memiliki reaksi dalam baterai yang adalah reaksi non tradisional yang memungkinkan kami untuk mengisi daya sangat cepat, memindahkan ion dari anoda ke katoda pada kecepatan yang tidak mungkin dibayangkan sebelum kami memiliki material ini," lanjut Myersdorf.

Baterai super StoreDot saat ini memang masih dalam tahap pengembangan. Mereka pun telah meraup investasi sampai USD 48,5 juta untuk bisa membawa baterai inovatif tersebut ke tengah-tengah masyarakat.

Dan StoreDot juga puya mimpi yang lebih besar lagi, tak sebatas di ranah perangkat genggam. Melainkan juga ingin untuk membuat baterai super bagi kendaraan listrik.

"Kami baru mulai bekerja untuk menjajalnya pada mobil elektrik dan kami berniat untuk menunjukkan model mobil yang dapat mengisi ulang baterainya dalam tiga menit," katanya. "Kami 100% yakin dapat memberikan dan itu benar-benar akan meningkatkan adopsi kendaraan listrik. Ini akan menjadi game-changer," Myersdorf menandaskan.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES