Cara Cerdik Memperluas Kapasitas Memori iPhone

innovation published over a year ago




Sebagai pengguna ponsel pintar, tentunya kamu akan selalu tergoda untuk download aplikasi menarik yang disajikan oleh peramban ponsel pintar. Aplikasi seperti game, edit foto dan video, bahkan sosial media serta aplikasi chatting menjadi sarana hiburan yang kian memenuhi layar ponselmu. Masalahnya, berbagai aplikasi tersebut akan memangkas kapasitas memori ponsel secara berkala.

Agar memori ponsel tetap leluasa, kamu bisa menggunakan memori eksternal dengan kapasitas yang lebih besar. Tetapi, tidak semua ponsel dapat menggunakan memori eksternal, iPhone misalnya.

Perangkat iPhone memiliki kapasitas memori yang terbatas, mulai dari 16 GB hingga 128 GB. Tidak seperti ponsel lainnya, iPhone tidak ditunjang dengan memori eksternal seperti MicroSD. Namun, bukan berarti kamu tidak dapat memperluas kapasitas memori pada iPhone.

Metode berikut akan menginformasikan kamu untuk memperluas kapasitas memori iPhone agar kamu tetap dapat menginstal beberapa aplikasi favorit.

1. Hapus dan instal ulang aplikasi

Masuk menu Settings, dan pilih General. Kemudian cari menu Storage & iCloud Usage. Lalu pilih opsi Manage Storage. Pada opsi tersebut kamu akan melihat berbagai aplikasi dengan besar kapasitas yang telah digunakan. Pilih aplikasi yang dirasa memakan banyak ruang memori, dan hapus aplikasi tersebut. Biasanya aplikasi Facebook dan WhatsApp cukup banyak menggunakan ruang memori pada iPhone. Setelah dihapus, kamu bisa menginstal ulang aplikasi dan menggunakannya kembali.

Tujuan dari metode tersebut adalah agar semua data aplikasi yang telah tersimpan di iPhone dapat terhapus. Tentunya data yang dimaksud sangat memakan ruang memori. Saat diinstal ulang, aplikasi tersebut akan terasa seperti baru, tanpa beban data, dan memori iPhone akan tetap luas.

2. Backup atau hapus foto yang ada di Camera Roll

Coba hitung, berapa banyak foto yang tersimpan di Camera Roll? Tentunya kamu harus bisa memilih beberapa foto untuk disimpan dan dihapus. Dengan begitu, foto-foto yang tak layak disimpan tidak akan memakan ruang memori pada iPhone.

Selain menghapus, kamu juga dapat melakukan backup di PC atau Mac. Jadi, kamu dapat memindahkan seluruh foto yang terdapat di Camera Roll tanpa harus menghapusnya.

Caranya, hubungkan iPhone ke Mac atau PC via kabel USB. Saat terhubung, kamu akan mendapatkan notifikasi untuk backup foto, pilih copy atau memindahkan seluruh foto. Ada baiknya kamu memilih opsi memindahkan seluruh foto agar kapasitas memori iPhone menjadi lebih luas dari sebelumnya.

3. Bersihkan 'sampah' di aplikasi Safari

Jika Safari menjadi aplikasi favoritmu untuk internetan, maka sebaiknya kamu menghapus 'sampah' seperti Cookies, History, Bookmark, dan segala data yang tersimpan di aplikasi tersebut.

Untuk menghapus 'sampah' pada aplikasi Safari, kamu bisa masuk ke menu Settings, dan pilih Safari. Lalu pilih Clear History dan Clear Cookies and Data. Usai menghapusnya, kapasitas memori akan lebih luas dan kinerja Safari pun akan lebih cepat dari sebelumnya.

Jika kamu sudah melakukan metode di atas namun kapasitas memori kamu tetap penuh, maka ada baiknya untuk selalu mengecek penggunaan aplikasi di menu Manage Storage. Pada menu tersebut kamu dapat melihat aplikasi apa yang masih memenuhi memori, dan lakukan metode pertama agar kapasitas memori iPhone kamu tetap luas.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES