Profil Finalis The NextDev 2015: Nebengers

gadgetapps published over a year ago




Sebanyak 20 finalis telah dipilih dalam kompetisi pembuatan aplikasi Telkomsel The NextDev 2015 untuk mencari aplikasi yang memberi solusi masalah perkotaan dalam bidang: e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health, dan e-UKM.

Profil finalis yang kita bahas kali ini adalah aplikasi Nebengers, hasil pengembangan sebuah tim yang dipimpin oleh Andreas Aditya Swasti, Maria Stefany Putri dan Anggriawan Sugianto dari Jakarta. Aplikasi ini termasuk dalam bidang e-Transportation.

Apa itu Nebengers?

Nebengers adalah aplikasi yang dimulai dari gerakan komunitas yang memberi dan mencari “tebengan” atau tumpangan transportasi lewat akun Twitter. Melalui aplikasi mobile, pengguna akan lebih mudah untuk mendapatkan tumpangan dari lokasinya tempat ia berada menuju tempat tujuan.

Ide Pembuatan Aplikasi Nebengers

Tidak dipungkiri bahwa arus lalu lintas di kota metropolitan kian ramai dengan volume kendaraan yang terus bertambah dan akhirnya menyebabkan macet di berbagai lokasi pada waktu tertentu, terutama di jam sibuk seperti pagi hari, dan sore sampai malam hari.

Bayangkan saja, hampir semua orang yang tinggal di kota Jakarta memiliki pola hidup yang sama. Berangkat kerja pukul 6 pagi dengan menggunakan kendaraan mobil atau motor. Jika 100 orang memiliki pemikiran yang sama, maka lalu lintas akan dipenuhi oleh 100 kendaraan dengan masing-masing 1 pengendara saja.

Padahal, baik pengendara mobil atau motor dapat berbagi tempat duduk kosong kepada orang lain yang kebetulan memiliki tujuan yang sama. Singkat kata, memberi tumpangan dan menumpang akan mengurangi kemacetan yang terjadi di kota besar, termasuk Jakarta.



Tim nebengers menyadari hal tersebut, dan memutuskan untuk mendirikan sebuah komunitas di Twitter yang disebut Nebengers. Kini, komunitas Nebengers sudah menjadi solusi bagi sebagian orang dan telah diakui keamanannya oleh para penggunanya. Agar lebih matang, tim nebengers mengembangkan aplikasi mobile agar penggunanya semakin mudah untuk mendapatkan "tebengan".

Keunggulan Aplikasi Nebengers

Tidak seperti aplikasi jasa transportasi lain, aplikasi Nebengers menganut sistem berbagi, yakni tidak ada biaya untuk segala transaksi. Kecuali, jika biaya transportasi yang harus ditanggung bersama antara pemberi tumpangan dan penumpang.

Jadi, pengguna yang ingin memberi tumpangan dapat memberikan syarat tertentu bagi penumpang, seperti uang bensin, sarapan, makanan kecil, maupun hanya sekadar berbagi cerita seru. Tetapi, pemberi tumpangan juga dapat mengizinkan penumpang ikut dengannya tanpa syarat apapun, gratis dan sampai tujuan dengan selamat.

Maka dari itu, pengguna aplikasi Nebengers diwajibkan untuk saling membangun kepercayaan dan memiliki sikap positif yang dapat dibagikan kepada sesama pengguna lainnya. Selain itu, aplikasi Nebengers juga memiliki fitur seperti Chat, Reviews, Wallet & Payment.

Tantangan dan Harapan Sebagai Developer Lokal

Meskipun Nebengers sudah diandalkan bagi sebagian orang, namun mereka masih memiliki rencana untuk terus mengembangkan aplikasinya.Dalam jangka panjang, tim nebengers berencana untuk memenuhi kebutuhan transportasi di Indonesia dengan sistem Carpooling.

Mengenai tantangan sebagai pengembang aplikasi (developer), menurut tim nebengers, ekosistem teknologi di Indonesia masih belum matang. Oleh karena itu, kerjasama antara pemerintah, investor, dan developer harus lebih dikuatkan, agar Indonesia dapat menjadi negara yang berkembang di sektor teknologi.

Dalam putaran final kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, para finalis selanjutnya akan mengikuti serangkaian tahap yang terdiri atas bootcamp (desain, pengembangan, penyebarluasan) pitching, serta bertemu dengan para investor. Adapun hal-hal yang akan dinilai nanti adalah usability (UX), kesesuaian tema dan impact level, serta kesiapan produk.

Nebengers merupakan satu-satunya finalis The NextDev 2015 dalam bidang e-Transportation.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES