Profil Finalis The NextDev 2015: Kolek.in

gadgetapps published over a year ago




Sebanyak 20 finalis telah dipilih dalam kompetisi pembuatan aplikasi Telkomsel The NextDev 2015 untuk mencari aplikasi yang memberi solusi masalah perkotaan dalam bidang: e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health, dan e-UKM.

Profil finalis yang kita bahas kali ini adalah aplikasi Kolek.in, hasil pengembangan tim yang dipimpin oleh Dita Erlistiana Ivanti, Kirenius Denatali Daeli dan Habib Royni Mujtahid dari Jakarta. Aplikasi ini termasuk dalam bidang e-Government.

Apa itu Kolek.in?

Kolek.in adalah aplikasi yang memudahkan pengguna untuk melakukan survei di lapangan dan formulir dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan. Menyusun kuesioner menjadi mudah secara online karena dapat berjalan pada platform mobile dan web.

Ide Pembuatan Aplikasi Kolek.in

Sebelum mengembangkan aplikasi Kolek.in, tim Kolek.in pernah bekerja di bidang pemetaan yang mewajibkan mereka untuk melakukan survei di lapangan.

Selama menjalani pekerjaannya, berbagai kesulitan dirasakan oleh mereka, seperti membawa peralatan yang banyak dan harus kerja dua kali karena setelah dari lapangan maka data harus dirapihkan terlebih dahulu. Alhasil, mereka banyak membuang waktu dan tenaga. Apalagi di Indonesia keterbukaan data masih sangat kurang, dan banyak pihak yang merasa kesulitan untuk mengumpulkan atau mendapatkan data.



Tim Kolek.in juga pernah mengembangakn aplikasi serupa yang dapat melakukan survei. Namun, aplikasi tersebut hanya berfungsi untuk satu tema saja, sehingga form kuesioner yang ditawarkan sangat baku dan tidak fleksibel. Maka dari itu, mereka mengembangkan aplikasi Kolek.in yang dirancang dengan form kuesioner yang dapat diubah sesuai kebutuhan.

Keunggulan Aplikasi Kolek.in

Aplikasi Kolek.in merupakan Online Mobile Survey berbasis lokasi yang memudahkan surveyor saat mengumpulkan data di lapangan. Ia memungkinkan pengguna untuk membuat form kuesioner dengan tema berbeda-beda. Kemudian form tersebut dapat disimpan dan dibagikan kepada pengguna lain yang bertindak sebagai anggota survei tersebut.

Yang menarik dari Kolek.in adalah, aplikasi ini juga dapat digunakan kendati dalam keadaan offline. Jadi, jika pengguna sedang mengunjungi wilayah yang memiliki 'blindspot' atau sulit mendapatkan koneksi Internet, maka pengguna tetap dapat melihat hasil survei yang telah tersimpan di aplikasi mobile. Data hasil survei tersebut berupa titik lokasi dalam peta atau berupa tracking.

"Menghemat biaya, mempersingkat waktu survei karena record survey sudah rapih, data dapat diekspor ke berbagai format dan saat pengambilan data di lapangan juga dapat digunakan secara offline," ungkap tim Kolek.in.

Tantangan dan Harapan Sebagai Developer Lokal

Menyampaikan kepada masyarakat tentang manfaat dari aplikasi yang telah dikembangkan menjadi tantangan terberat bagi tim Kolek.in. Maka dari itu, mereka harus memberikan pengertian mendalam kepada seluruh pengguna aplikasi Kolek.in, bahwa data yang sudah mereka kumpulkan akan tersimpan di server Kolek.in dengan aman.

Tim Kolek.in juga mengungkapkan harapan, "Ke depannya aplikasi ini dapat menjadi bank data-data spasial yang telah terkumpul oleh semua pengguna yang dapat dimanfaatkan bersama, sehingga dapat dijadikan rujukan data."

Dalam putaran final kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, para finalis selanjutnya akan mengikuti serangkaian tahap yang terdiri atas bootcamp (desain, pengembangan, penyebarluasan) pitching, serta bertemu dengan para investor. Adapun hal-hal yang akan dinilai nanti adalah usability (UX), kesesuaian tema dan impact level, serta kesiapan produk.

Dalam bidang e-Government di kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, Kolek.in akan bersaing dengan aplikasi iWatchYou, GandengTangan, HICO, Tilang.in, dan SmartGorontalo.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES