Profil Finalis The NextDev 2015: iWatchYou

gadgetapps published over a year ago




Sebanyak 20 finalis telah dipilih dalam kompetisi pembuatan aplikasi Telkomsel The NextDev 2015 untuk mencari aplikasi yang memberi solusi masalah perkotaan dalam bidang: e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health, dan e-UKM.

Profil finalis yang kita bahas kali ini adalah aplikasi iWatchYou yang dikembangkan oleh Arrival Dwi Sentosa dan Bonni Pratama Nugraha dari Bandung. Aplikasi ini termasuk dalam bidang e-Government.

Apa Itu iWatchYou?

iWatchYou adalah aplikasi Client Server untuk memantau aktivitas anak saat menggunakan komputer dan internet.

Dengan iWatchYou, orangtua dapat memantau aktivitas anak melalui ponsel pintar dan dapat memberikan aksi langsung terhadap perangkat teknologi yang digunakan anak-anak seperti komputer dan gadget mereka dimanapun dan kapanpun.

Ide Pembuatan Aplikasi iWatchYou

Kehadiran dunia digital di Indonesia tidak sepenuhnya dapat dikatakan sukses. Sebab, masih banyak masyarakat yang salah memanfaatkan penggunaan Internet, terutama anak dengan umur di bawah 17 tahun.

Kita masih melihat berita tentang kekerasan dan pelecehan seksual yang dilakukan oleh seorang anak akibat penggunan Internet. Hal tersebut membuktikan penggunaan Internet secara tidak tepat dapat memperburuk moral anak-anak Indonesia.



Oleh karena itu, tim iWatchYou mencoba untuk membuat sebuah aplikasi yang mencegah rusaknya moral anak Indonesia. Aplikasi tersebut bernama iWatchYou.

Keunggulan Aplikasi iWatchYou

Menurut mereka, iWatchYou adalah satu-satunya aplikasi khusus yang dapat memantau kegiatan anak hanya melalui perangkat mobile. Adapun fitur-fitur yang ada di iWatchYou meliputi:

- Monitoring, fitur ini memungkinkan orang tua untuk memantau aktivitas anak saat menggunakan komputer/Internet, langsung via ponsel pintar.

- Controlling, orang tua dapat mengendalikan komputer anak melalui ponsel pintar.

- Learn Children Habit & Report, iWatchYou dapat mempelajari pola perilaku aktivitas anak dan ditampilkan dalam sebuah laporan data berupa kata yang sering anak ketik, kemudian iWatchYou akan memberikan tips yang harus dilakukan oleh orang tua jika aktivitas anaknya sudah mulai mengkhawatirkan.

Tantangan dan Harapan Bagi Developer Lokal

Agar iWatchYou menjadi aplikasi yang dapat diandalkan oleh masyarakat Indonesia, khususnya orang tua, maka tim iWatchYou akan melakukan kemitraan dengan lembaga-lembanga pemerintah atau non-pemerintah yang peduli akan perlindungan anak.

Dengan kerjasama tersebut, mereka dapat menyelenggarakan penyuluhan mengenai dampak buruk penggunaan gadget pada anak jika kurang pengawasan dari orang tua.

Tim iWatchYou juga berharap agar aplikasi iWatchYou dapat diimplementasikan oleh keluarga yang orangtuanya memiliki pekerjaan di luar rumah.

"Dengan harapan jika aplikasi ini dapat digunakan lebih dari 70 persen keluarga di Indonesia, kami yakin Indonesia akan mempunyai generasi yang sehat jasmani maupun rohani dan juga kami akan expand ke luar Indonesia dengan menyesuaikan fitur-fitur pada iWatchYou dengan budaya, kebiasaan dan aturan setiap negara,” harap Arrival.

Dalam putaran final kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, para finalis selanjutnya akan mengikuti serangkaian tahap yang terdiri atas bootcamp (desain, pengembangan, penyebarluasan) pitching, serta bertemu dengan para investor. Adapun hal-hal yang akan dinilai nanti adalah usability (UX), kesesuaian tema dan impact level, serta kesiapan produk.

Dalam bidang e-Government di kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, iWatchYou akan bersaing dengan aplikasi GandengTangan, Kolek.in, HICO, Tilang.in, dan SmartGorontalo.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES