Profil Finalis The NextDev 2015: Travis

gadgetapps published over a year ago




Sebanyak 20 finalis telah dipilih dalam kompetisi pembuatan aplikasi Telkomsel The NextDev 2015 untuk mencari aplikasi yang memberi solusi masalah perkotaan dalam bidang: e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health, dan e-UKM.

Profil finalis yang kita bahas kali ini adalah aplikasi Travis yang dikembangkan oleh Diagnosa Fenomena, Imaduddin Al Fikri dan Fadrian Merdianto dari Surabaya, yang tergabung dalam tim FFS. Aplikasi ini termasuk dalam bidang e-Tourism.

Apa itu Travis?

Travis merupakan aplikasi advisor wisata di Indonesia. Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan wisatawan untuk meraih informasi tempat wisata yang akan dituju. Informasi yang tersedia meliputi lokasi, foto, ulasan dan rekomendasi lokasi wisata berdasarkan jarak, lokasi dan kebiasaan.

Selain itu, terdapat juga fitur event untuk memudahkan pengguna yang ingin berangkat bersama sesama wisatawan lain.

Ide Pembuatan Aplikasi Travis

Ide tim FFS berawal dari fakta bahwa banyak orang Indonesia yang ingin mengeksplorasi keindahan alam di Indonesia. Di sini Travis ingin memudahkan masyarakat untuk mencapai tempat-tempat yang mereka tuju. Aplikasi ini juga memudahkan masyarakat untuk menemukan teman baru dalam perjalanan wisatanya, dengan kehadiran fitur event.

Di sisi lain, Travis diharapkan juga dapat membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di sekitar lokasi. Karena, dengan informasi yang ada di dalam Travis dapat membuat daerah wisata semakin terkenal, semakin banyak pengunjung, dan semakin banyak terjadi transaksi jual-beli di sana.



Hal ini akan memicu masyarakat setempat untuk mulai mendirikan usaha yang menonjolkan keunikan tempat wisatanya. Kreativitas dan ide-ide yang meningkat akan meningkatkan perekonomian masyarakat.

Keunggulan Aplikasi Travis

Aplikasi ini diklaim dapat memberikan rekomendasi secara otomatis terkait daerah wisata yang menarik berdasarkan lokasi, jarak, dan kebiasaan setiap pengguna.

Fitur yang ditonjolkan dari Travis adalah, fitur event yang dapat memfasilitasi pengguna untuk membuat ataupun bergabung ke acara tertentu di tempat tertentu. Hal ini memungkinkan seseorang bertemu dengan teman-teman yang memiliki kesamaan hobi. "

Tantangan dan Harapan Sebagai Developer Lokal

Tantangan yang saat ini dihadapi Travis adalah menentukan kebutuhan pengguna serta target pasar yang selalu berubah. Tetapi di tengah kondisi tersebut, tim FFS telah menetapkan rencana jangka pendek dan jangka panjang.

Tim pengembang ini akan berupaya meningkatkan jumlah pengguna serta kualitas layanan. Mereka juga akan memantau kebutuhan apa saja yang dirasa perlu dihadirkan dalam aplikasi guna memenuhi kepuasan pengguna.

Sementara untuk jangka panjang, mereka akan membuka kesempatan untuk periklanan digital serta membuka akun pengguna premium demi meraih pendapatan dari layanan.

Dengan semua tantangan tersebut, tim FFS berharap bisa jadi acuan bagi wisatawan dalam dan luar negeri yang mau tamasya di Indonesia serta meningkatkan ekonomi warga di lokasi wisata. Dan, semakin banyak pengembang yang menyediakan layanan berbasis teknologi informasi dengan tujuan membangun bangsa.

Dalam putaran final kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, para finalis selanjutnya akan mengikuti serangkaian tahap yang terdiri atas bootcamp (desain, pengembangan, penyebarluasan), pitching, serta bertemu dengan para investor. Adapun hal-hal yang akan dinilai nanti adalah usability (UX), kesesuaian tema dan impact level, serta kesiapan produk.

Dalam bidang e-Tourism di kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, Travis akan bersaing dengan aplikasi BATAMciti, Lenscoop, Jejakku dan Pontinesia.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES