Profil Finalis The NextDev 2015: SmartGorontalo

gadgetapps published over a year ago




Sebanyak 20 finalis telah dipilih dalam kompetisi pembuatan aplikasi Telkomsel The NextDev 2015 untuk mencari aplikasi yang memberi solusi masalah perkotaan dalam bidang: e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health, dan e-UKM.

Profil finalis yang kita bahas kali ini adalah aplikasi SmartGorontalo yang dikembangkan oleh Dea Venditama dan Khusni Fajar dari Gorontalo. Aplikasi ini termasuk dalam bidang e-Government.

Apa itu SmartGorontalo?

SmartGorontalo adalah aplikasi digital yang memberikan direktori kota Gorontalo. Cara kerjanya adalah mengumpulkan informasi tempat lalu menampilkan tempat-tempat penting di seluruh kota Gorontalo.

Ide Pembuatan Aplikasi SmartGorontalo

Sejak kota Gorontalo mulai berkembang, tim SmartGorontalo merasa perlu untuk memetakan kota tersebut dan memberi titik-titik koordinat pada tempat-tempat penting di Gorontalo.



Dengan begini diharapkan pencarian tempat-tempat penting di Gorontalo akan jadi mudah. Selain itu, data yang mereka catat diharapkan bisa menjadi refleksi atas pemerataan pembangunan serta dapat mendukung pengambilan keputusan berdasarkan data lokasi yang mereka miliki.

Keunggulan Aplikasi SmartGorontalo

Aplikasi ini diklaim memberikan data yang lengkap dan akurat sampai mengetahui tempat-tempat penting di provinsi Gorontalo. “Kita bisa menampilkan rute ke lokasi dari KM 0 Gorontalo, menampilkan GPS, disertai dengan kondisi kecuraman atau kemiringan jalan,” kata Dea.

Tantangan dan Harapan Sebagai Developer Lokal

Tim SmartGorontalo mengatakan saat ini mencari komunitas teknologi informasi masih sulit di Gorontalo, sehingga ini menghambat langkah-langkah untuk melakukan kolaborasi dalam menciptakan solusi berbasis teknologi informasi.

Hal ini, menurut mereka, memperlihatkan bahwa perkembangan dan pemerataan teknologi di Indonesia belum merata, dan hanya terfokus di kota-kota besar. Besar harapan Dea dan kawan-kawan agar komunitas teknologi informasi dapat berkembang ke seluruh Indonesia.

Dengan membuat aplikasi SmartGorontalo, mereka berharap dapat mencatat tempat penting di Gorontalo dan berpartisipasi aktif dalam pembangunan kota. Dari data lokasi tersebut, mereka dapat melihat perkembangan pembangunan di Gorontalo dan data ini bisa dimanfaatkan pemerintah untuk jadi pendukung pengambilan keputusan berbasis data lokasi.

Dalam putaran final kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, para finalis selanjutnya akan mengikuti serangkaian tahap yang terdiri atas bootcamp (desain, pengembangan, penyebarluasan) pitching, serta bertemu dengan para investor. Adapun hal-hal yang akan dinilai nanti adalah usability (UX), kesesuaian tema dan impact level, serta kesiapan produk.

Dalam bidang e-Government di kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, SmartGorontalo akan bersaing dengan aplikasi iWatchYou. GandengTangan, Kolek.in, Tilang.in dan Hico.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES