Profil Finalis The NextDev 2015: Sarjana.co.id

gadgetapps published over a year ago




Sebanyak 20 finalis telah dipilih dalam kompetisi pembuatan aplikasi Telkomsel The NextDev 2015 untuk mencari aplikasi yang memberi solusi masalah perkotaan dalam bidang: e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health, dan e-UKM.

Profil finalis yang kita bahas kali ini adalah aplikasi Sarjana.co.id, hasil pengembangan oleh Prima Satya Nugraha dan Vivi Indras dari Surabaya. Aplikasi ini termasuk dalam bidang e-Education.

Apa itu Sarjana.co.id?

Sarjana.co.id adalah portal pendidikan tinggi yang mendata seluruh institusi pendidikan pasca-SMA di Indonesia. Situs ini juga menyediakan informasi biaya pendidikan.

Ide Pembuatan Sarjana.co.id

Banyaknya perguruan tinggi di Indonesia membuat calon mahasiswa memiliki banyak pilihan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi.

Namun, informasi yang terbatas justru membuat mereka kebingungan untuk memilih yang terbaik di antara semua pilihan institusi yang ada. Akhirnya, para calon mahasiswa hanya bisa mengikuti anjuran orang lain. Mereka tidak dapat memilih masa depannya sendiri.

Bagi tim Sarjana.co.id, segala keterbatasan tersebut menumbuhkan ide yang bisa memberikan solusi untuk para calon mahasiswa. Bagaimana jika tersedia satu informasi perguruan tinggi yang lengkap dan mudah untuk diakses?



Berawal dari pertanyaan tersebut, akhirnya mereka mengembangkan Sarjana.co.id sebagai sebuah platform yang memberikan informasi lengkap mengenai perguruan tinggi di Indonesia.

Keunggulan Sarjana.co.id

Melalui Sarjana.co.id, para calon mahasiswa atau pengguna dapat mencari perguruan tinggi dengan cara mudah. Pengguna cukup menuliskan kota tujuan kuliah atau jurusan yang hendak dituju, maka data yang dibutuhkan akan muncul dengan sekejap. Data tersebut mencakup, profil institusi, informasi beasiswa, syarat-syarat pendaftaran, hingga informasi biaya pendaftaran.

Berdasarkan informasi tersebut, pengguna dapat membandingkan 3 institusi secara bersamaan. Sehingga pengguna bisa memilih dan mendapatkan perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan.

Tidak hanya itu, Sarjana.co.id juga akan menyajikan berita-berita inspiratif dan mendidik, serta menampilkan profil tokoh-tokoh sukses yang dapat memotivasi para pengguna untuk melanjutkan pendidikan.

Tantangan dan Harapan Sebagai Developer Lokal

Dalam mengembangkan aplikasi Sarjana.co.id, Setra dan tim menghadapi berbagai tantangan dan kesulitan, "Tantangan terberat, birokrasi kampus yg kurang memahami peran digital marketing dalam mendukung promosi kampus,” ungkap mereka.

Namun, tantangan tersebut tidak memutuskan harapan juga rencana mereka untuk memperluas jaringan kampus dan selalu memberikan informasi terbaik bagi para calon siswa hingga ke seluruh Indonesia.

Dalam putaran final kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, para finalis selanjutnya akan mengikuti serangkaian tahap yang terdiri atas bootcamp (desain, pengembangan, penyebarluasan) pitching, serta bertemu dengan para investor. Adapun hal-hal yang akan dinilai nanti adalah usability (UX), kesesuaian tema dan impact level, serta kesiapan produk.

Dalam bidang e-Education di kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, Sarjana.co.id akan bersaing dengan aplikasi SekolahKoding dan Rumah Sinau.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES