Profil Finalis The NextDev 2015: Pontinesia

gadgetapps published over a year ago




Sebanyak 20 finalis telah dipilih dalam kompetisi pembuatan aplikasi Telkomsel The NextDev 2015 untuk mencari aplikasi yang memberi solusi masalah perkotaan dalam bidang: e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health, dan e-UKM.

Profil finalis yang kita bahas kali ini adalah aplikasi Pontinesia, hasil pengembangan sebuah tim yang dipimpin oleh Adhitya Teguh Nugraha, Dedy Ashardi dan Ridho Brilliantoro dari Pontianak. Aplikasi ini termasuk dalam bidang e-Tourism.

Apa itu Pontinesia?

Pontenesia adalah tourism social media berbasis web dan mobile web yang mengangkat wisata alam, budaya dan kuliner dari kota Pontianak. Aplikasi ini memiliki tujuan agar masyarakat mendapatkan informasi terkait destinasi wisata yang terdapat di kota Pontianak.

Ide Pembuatan Aplikasi Pontinesia

Menurut tim Pontinesia, dokumentasi digital yang telah dimiliki oleh kota Pontianak masih belum relevan, termasuk dokumentasi dalam hal wisata. Padahal, dokumentasi memiliki peran yang sangat penting bagi identitas kota.



Dengan menggunakan dokumentasi yang terurai secara tepat, maka potensi lokal akan terlihat dan dapat digali lebih dalam agar kota Pontianak bisa berkembang. Maka dari itu, tim Pontinesia mencoba untuk menciptakan sebuah aplikasi mobile yang dapat memberikan informasi lengkap tentang kota Pontianak.

Keunggulan Aplikasi Pontinesia

Aplikasi Pontinesia menyuguhkan dokumentasi dengan cara yang berbeda. Pengguna akan selalu mendapatkan informasi secara update terkait kota Pontianak melalui perangkat mobile. Dengan menganut etos kerja Collect-Produce-Share, aplikasi ini akan memiliki konten yang aktual untuk dibagikan ke pengguna.

Agar konten yang disajikan lebih luas, Pontinesia mengadaptasi fitur User Generate Content yang memungkinkan pengguna untuk membuat konten-konten menarik terkait kota Pontianak. Konten tersebut nantinya bisa dinikmati juga oleh pengunjung Pontinesia.

Aplikasi ini juga memiliki fitur Crawler, yakni pencarian konten dari berbagai situs berita yang akan dikumpulkan dan dibagikan agar pengguna selalu mendapatkan info yang aktual. Selain itu, beberapa konten yang disajikan juga akan diproduksi sendiri oleh tim Pontinesia.

Tantangan dan Harapan Sebagai Developer Lokal

Menurut tim Pontinesia, menjamurnya startup lokal menandakan bahwa negara Indonesia sudah siap untuk bersaing dalam industri teknologi informasi. Namun, Untuk membuat industri teknologi informasi yang baik diperlukan ekosistem yang baik pula.

Tim Pontinesia berharap ekosistem teknologi informasi di Indonesia dapat lebih berkembang sehingga pemanfaatan teknologi bisa lebih tepat guna.

Mengenai rencana perkembangan aplikasi Pontinesia, Adhitya mengatakan, "Pontinesia akan terus berkembang dan terus mengajak, menyajikan, dan merangkul segala hal-hal baik yang ada di Kota Pontianak untuk menjadi online media terdepan dalam menyajikan Good News from Pontianak."

Dalam putaran final kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, para finalis selanjutnya akan mengikuti serangkaian tahap yang terdiri atas bootcamp (desain, pengembangan, penyebarluasan) pitching, serta bertemu dengan para investor. Adapun hal-hal yang akan dinilai nanti adalah usability (UX), kesesuaian tema dan impact level, serta kesiapan produk.

Dalam bidang e-Tourism di kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, Pontinesia akan bersaing dengan aplikasi BATAMciti, Lenscoop, Jejakku, dan Travis.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES