Profil Finalis The NextDev 2015: Jejakku

gadgetapps published over a year ago




Sebanyak 20 finalis telah dipilih dalam kompetisi pembuatan aplikasi Telkomsel The NextDev 2015 untuk mencari aplikasi yang memberi solusi masalah perkotaan dalam bidang: e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health, dan e-UKM.

Profil finalis yang kita bahas kali ini adalah aplikasi Jejakku, hasil pengembangan sebuah tim yang dipimpin Ahimsa Denhas Afrizal dan Luthfi Ali dari Surabaya. Aplikasi ini termasuk dalam bidang e-Tourism.

Apa itu Jejakku?

Jejakku adalah aplikasi yang memudahkan wisatawan untuk mendapatkan informasi tempat wisata, harga tiket, jam buka dan jam tutup sebuah tempat atau objek wisata, informasi transportasi, dan pengalaman wisatawan lain yang pernah berkunjung di tempat tersebut.

Aplikasi Jejakku juga memiliki misi untuk membuat gerakan travelling positif, di mana para traveler dapat bertukar informasi wisata dan memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat di sekitar tempat wisata.

Ide Pembuatan Aplikasi Jejakku

Bagi tim Jejakku, berwisata ke berbagai lokasi wisata di Indoensia sudah menjadi hobi. Selama menjalankan hobinya, mereka menyadari bahwa Indonesia memiliki potensi wisata yang sangat besar.

"Potensi wisata Indonesia seperti tambang kita selanjutnya, yang tidak pernah akan habis apabila dijaga kelestariannya," ungkap mereka.

Namun, seringkali mereka juga menemukan wisatawan yang tidak bertanggung jawab dan justru merusak tempat wisata dengan membuang sampah sembarangan atau melakukan aksi vandalisme. Tentunya hal tersebut akan menimbulkan masalah dan memperburuk citra di lingkungan sekitar tempat wisata.



Pada saat itu, tim Jejakku hanya bisa mengeluh sambil membantu untuk membersihkan lokasi wisata yang dirusak. Lambat laun kekecewaan yang dirasakan oleh mereka pun memuncak, dan muncul ide untuk mengembangkan suatu aplikasi yang bisa menggerakan wisatawan maupun penyelenggara perjalanan untuk memberikan kontribusi positif ketika sedang berwisata.

Keunggulan Aplikasi Jejakku

Dengan mengantongi misi untuk membuat gerakan wisata positif, aplikasi Jejakku memiliki fitur bernama Challenge. Fitur ini merupakan sebuah game tantangan bagi wisatawan dalam bentuk kontribusi positif yang bisa diberikan kepada masyarakat sekitar tempat wisata.

Sebagai hadiah karena telah menyelesaikan tantangan yang diberikan oleh aplikasi Jejakku atau komunitas mitra Jejakku, maka wisatawan berkesempatan untuk mendapatkan poin yang bisa ditukarkan dengan diskon perjalanan maupun diskon peralatan untuk wisata. Melalui aplikasi ini, pengguna bisa melakukan pemesanan trip yang dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan.

Selain itu, pengguna aplikasi Jejakku juga dapat berbagi informasi seputar wisata Indonesia dan menambah direktori baru. Sehingga dengan ini diharapkan berwisata tidak hanya untuk kesenangan semata, namun juga dapat memberikan kesan yang mendalam.

Tantangan dan Harapan Sebagai Developer Lokal

Bagi tim Jejakku, tentangan terberat sebagai developer adalah, memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar sekaligus memecahkan masalah di masyarakat. Karena membuat produk teknologi informasi itu relatif mudah, namun menemukan titik temu antara idealisme pemecahan masalah dengan kebutuhan pasar itu lebih sulit dan menantang.

Di masa mendatang, mereka akan berupaya menjalin kemitraan dengan penyelenggara perjalanan wisata lokal di minimal 20 provinsi di Indonesia untuk memberikan layanan yang dapat diandalkan.

"Rencana jangka panjang adalah merilis versi worldwide dari Jejakku untuk menyasar wisatawan mancanegara, sehingga Jejakku menjadi panduan utama untuk menjelajahi Indonesia dengan lebih bermakna," harap tim Jejakku.

Dalam putaran final kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, para finalis selanjutnya akan mengikuti serangkaian tahap yang terdiri atas bootcamp (desain, pengembangan, penyebarluasan) pitching, serta bertemu dengan para investor. Adapun hal-hal yang akan dinilai nanti adalah usability (UX), kesesuaian tema dan impact level, serta kesiapan produk.

Dalam bidang e-Tourism di kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, Jejakku akan bersaing dengan aplikasi BATAMciti, Lenscoop, Pontinesia, dan Travis.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES