Profil Finalis The NextDev 2015: Healink

gadgetapps published over a year ago




Sebanyak 20 finalis telah dipilih dalam kompetisi pembuatan aplikasi Telkomsel The NextDev 2015 untuk mencari aplikasi yang memberi solusi masalah perkotaan dalam bidang: e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health, dan e-UKM.

Profil finalis yang kita bahas kali ini adalah aplikasi Healink yang dikembangkan oleh Setyadi Aprilianto, Dhika dan Fadli dari Yogyakarta. Aplikasi ini termasuk dalam bidang e-Health.

Apa Itu Healink?

Healink adalah aplikasi mobile pelayanan kesehatan yang fokus pada healthcare dan peningkatan fungsi penyedia jasa kesehatan. Aplikasi ini berfungsi sebagai pemberi edukasi baik preventif dan kuratif, pemberian informasi, pemasaran, serta administrasi yang lebih efektif dan efisien.

Ide Pembuatan Aplikasi Healink

Tim Healink menyadari adanya fakta bahwa kondisi kesehatan masyarakat Indonesia, khususnya kasus penyakit degeneratif semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Penyakit degeneratif adalah, jenis penyakit yang dapat menyerang seiring bertambahnya usia seseorang, sehingga semakin tua umur seseorang maka akan semakin rentan terkena penyakit ini. Penyakit yang disebut degeneratif meliputi penyakit jantung, stroke, diabetes, obesitas, dan darah tinggi.



Berdasarkan fakta tersebut, tim Healink memiliki gagasan untuk mengembangkan sebuah aplikasi bersifat informatif yang dapat memacu sesorang untuk hidup sehat dan mencegah timbulnya penyakit degeneratif di masa tua.

Keunggulan Aplikasi Healink

Salah satu cara mencegah penyakit adalah dengan meningkatkan kewaspadaan terhadap pola makan dan aktivitas tubuh.

Maka dari itu, melalui aplikasi Healink, pengguna dapat menemukan pedoman gaya hidup sehat dengan bantuan dari penyedia jasa kesehatan, seperti rumah sakit, dokter, dan klinik.

Di aplikasi Healink terdapat fitur Health Manager, di mana pengguna akan mendapatkan informasi untuk mengetahui bagaimana mengatur pola makan dan aktivitas. Setelah Healink mengkaji kebiasaan pengguna, maka aplikasi ini akan mengarahkan pengguna untuk melakukan konsultasi ke dokter yang tepat.

Tantangan dan Harapan Sebagai Developer Lokal

Menurut tim Healink, tantangan terbesar bagi seorang pengembang aplikasi (developer) adalah memahami visi dan misi yang diemban saat proses pengembangan aplikasi berlangsung.

Sebab, seringkali para developer tidak memahami betapa penting teknologi yang dibangun oleh mereka sendiri. Sehingga, developer tersebut akan mengalami penolakan dari berbagai pihak.

Tim Healink juga memiliki harapan besar terhadap aplikasi Healink, agar menjadi pilihan pertama dalam aplikasi mobile healthcare di Indonesia. Dan, membentuk sebuah industri kesehatan berbasis teknologi mobile.

Dalam putaran final kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, para finalis selanjutnya akan mengikuti serangkaian tahap yang terdiri atas bootcamp (desain, pengembangan, penyebarluasan) pitching, serta bertemu dengan para investor. Adapun hal-hal yang akan dinilai nanti adalah usability (UX), kesesuaian tema dan impact level, serta kesiapan produk.

Dalam bidang e-Health di kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, Healink akan bersaing dengan aplikasi Firstblood dan QCare.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES