Profil Finalis The NextDev 2015: ERZ4P

gadgetapps published over a year ago




Sebanyak 20 finalis telah dipilih dalam kompetisi pembuatan aplikasi Telkomsel The NextDev 2015 untuk mencari aplikasi yang memberi solusi masalah perkotaan dalam bidang: e-Education, e-Government, e-Transportation, e-Tourism, e-Health, dan e-UKM.

Profil finalis yang kita bahas kali ini adalah aplikasi EZR4P yang dikembangkan oleh Riza Hisamuddin dan Maria dari Denpasar. Aplikasi ini termasuk dalam bidang e-UKM.

Apa itu ERZ4P?

ERZ4P (www.erzap.com) adalah aplikasi sistem pembukuan yang membantu pencatatan dan melaporkan dengan rinci setiap proses bisnis yang terjadi via email serta dapat dihubungkan ke toko online.

Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan promosi berupa email kepada pelanggan. Terdapat fitur Free Member yang dapat dimanfaatkan pelaku bisnis di Indonesia, terutama kalangan usaha kecil dan menengah (UKM)

Ide Pembuatan Aplikasi ERZ4P

Tim ERZ4P merasa kerepotan dalam memantau dan menjalankan proses bisnis via Internet, dikarenakan jarak yang jauh antara rumah dan lokasi bisnis.

Belajar dari pengalaman pribadi, mereka memiliki ide untuk menciptakan sebuah aplikasi mobile yang dapat memantau transakasi bisnis dari jarak jauh dengan fitur laporan lengkap yang dapat dikirimkan via email dan agar dapat disinkronisasikan ke toko online untuk meminimalkan human error sehingga dapat membantu proses bisnis menjadi lebih mudah dan cepat.



Alhasil, aplikasi ERZ4P berhasil dikembangkan untuk memudahkan segala kesulitan yang selama ini dialami oleh tim ERZ4P.

Keunggulan Aplikasi ERZ4P

Layaknya pembukuan, aplikasi ERZ4P dapat mencatat dan melaporkan secara rinci setiap proses bisnis yang terjadi melalui email serta dapat dihubungkan ke platform toko online. Terdapat fitur andalan yang memungkinkan pengguna mengirim email promosi kepada pelanggan lewat email, bentuknya bisa email yang dikirim secara bersamaan, newsletter, atau kartu ucapan digital.

ERZ4P memiliki tampilan antarmuka yang mudah dimengerti oleh pengguna awam, sehingga pengguna tidak akan merasa kesulitan saat menggunakannya. Apalagi dengan ada fitur dual bahasa, Indonesia dan Inggris, akan semakin memudahkan pengguna lokal. Aplikasi ini juga memiliki fitur pelunasan utang piutang dengan menggunakan giro mundur.

ERZ4P dikembangkan dengan menggunakan program Ruby On Rails, yakni sebuah kerangka aplikasi web dengan sistem open source yang dapat diubah dan disesuaikan sesuai keinginan pengguna.

Tantangan dan Harapan Sebagai Developer Lokal

Menurut tim ERZ4P, tantangan terberat sebagai seorang pengembang aplikasi digital (developer) adalah, menciptakan sebuah aplikasi yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Jika seorang developer telah berhasil menciptakan produk aplikasi yang berguna, maka harapan selanjutnya adalah aplikasi tersebut dapat dipakai oleh semua kalangan di Indonesia.

Sebagai developer lokal yang juga menjalankan bisnis, Riza ingin memberi edukasi kepada pelaku bisnis lain agar mereka dapat memanfaatkan teknologi untuk dapat membantu proses bisnis agar lebih menyenangkan, mudah, cepat, dan efektif.

"Indonesia akan menjadi lebih maju dan produktif dengan teknologi yang memadai dan pemanfaatan yang benar dan sesuai serta edukasi dari pihak lembaga maupun institusi yang terlibat di dalamnya,” ucap Riza.

Dalam kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, para finalis selanjutnya akan mengikuti serangkaian tahap yang terdiri atas bootcamp (desain, pengembangan, penyebarluasan) pitching, serta bertemu dengan para investor. Adapun hal-hal yang akan dinilai nanti adalah usability (UX), kesesuaian tema dan impact level, serta kesiapan produk.

Dalam bidang e-UKM di kompetisi Telkomsel The NextDev 2015, ERZ4P akan bersaing dengan aplikasi Appsterize.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES