Perangkat Pelengkap Aksi Selfie

gadgetapps published over a year ago




Aksi selfie biasanya dilakukan menjulurkan tangan sehingga bisa mendapatkan sudut pengambilan gambar yang lebih lebar.

Namun selfie saat ini sudah menjadi kegiatan yang tidak selalu dilakukan sendiri tapi juga bersama-sama. Sehingga membutuhkan sudut yang lebih lebar lagi.

Selain itu, meskipun hanya berpose sendirian, kadang pengguna ingin mendapatkan gambar yang mencakup lokasi area sekitar lebih luas.

Hal itu, dan banyak alasan lain, yang kemudian mendorong berbagai perangkat yang bisa digunakan untuk melengkapi aksi selfie. Berikut adalah beberapa di antaranya:


1. Tongsis

Dikenal juga dengan istilah "selfie stick" atau monopod, tongsis pada dasarnya adalah sebuah tongkat yang pada ujungnya mampu memegang ponsel.

Penerapan paling sederhana dari perangkat ini adalah dengan memasang timer pada kamera lalu menjulurkan tongkat ke posisi yang tepat dalam rentang waktu timer itu.

Sebagai catatan, istilah Tongsis sendiri dipopulerkan oleh Anindito "Babab Dito" Respati, Mobile Apps Developer Community Telkomsel.

Simak wawancara blog Telkomsel dengan Babab Dito di http://blog.telkomsel.com/innovation/Developer-Lokal-Ayo-Go-Global

2. Drone

Beberapa tahun belakangan, perangkat drone semakin meningkat populartiasnya. Ini adalah perangkat kendaraan terbang yang dikendalikan dari jarak jauh.

Drone menanjak popularitasnya karena versi rumahan yang dilengkapi kamera harganya semakin terjangkau. Apalagi ia bisa dikendalikan dengan smartphone.

Belakangan, drone pun digunakan untuk mengambil selfie dengan sudut yang berbeda, yaitu sudut tinggi. Selfie seperti ini kerap disebut juga dengan istilah Dronefie.

3. Tripod

Kalau perangkat yang ini lebih 'tradisional', bedanya sekarang tripod (atau bahkan Gorillapod) memiliki bagian 'kepala' yang bisa digunakan untuk memasang perangkat smartphone, bukan hanya kamera digital.

Penggunaannya mirip dengan tongsis, hanya saja bisa mengambil jarak yang lebih jauh. Meskipun, kalau selfie dengan tripod artinya Anda harus mengatur framing lalu berlari dari lokasi tripod ke area pengambilan gambar.

Keunggulannya? Bisa menggunakan kamera belakang yang umumnya lebih bagus dari kamera depan ponsel.

4. Kamera Putar

Ngomong-ngomong soal kamera belakang, salah satu dilema selfie adalah resolusi kamera depan seringkali lebih buruk dari kamera belakang. Hal ini dilakukan pembuat ponsel demi menghemat biaya.

Namun beberapa pembuat ponsel menyiasati hal tersebut dengan membuat kamera ponsel yang bisa diputar.  Sehingga pengguna cukup memutar kamera untuk melakukan selfie.

Terbaru, bahkan ada produsen ponsel yang membuat kamera putar otomatis. Pengguna cukup menyapu layar untuk memutar kamera dari posisi normal ke posisi selfie.

Banyak cara dilakukan untuk selfie, berbagai perangkat pun mencoba menjadi pelengkapnya. Kira-kira, "alat bantu selfie" apa lagi ya yang bakal muncul?

Sumber Gambar: By Petar Miloševic (Own work) [CC-BY-SA-4.0 (http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0)], via Wikimedia Commons




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :

1 COMMENT
  • Mgiz

    over a year ago

    Nice post.





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES