Penyebab Baterai Ponsel Cepat Drop

gadgetapps published over a year ago




Ponsel telah menjelma menjadi benda elektronik yang dimiliki banyak orang. Ada yang awet menggunakannya, ada pula yang sering gonta-ganti karena banyak alasan. Selain karena kepincut model baru, alasan lainnya karena performa baterai yang mulai sering drop.

Ada beberapa penyebab yang membuat performa baterai ponsel sering keteteran. Dan tanpa disadari, hal ini juga karena kebiasaan kita yang kurang jeli merawat ponsel. Apa saja penyebabnya?

1. Menggunakan charger aspal

Tiap ponsel pastinya punya spesifikasi yang berbeda satu sama lain. Meskipun sekarang banyak charger yang sifatnya universal, namun urusan daya, belum tentu sama. Menggunakan charger bukan asli bawaan ponsel itu justru akan membuat baterai, atau bahkan komponen ponsel lainnya, jadi tidak maksimal dan berujung rusak.

2. Over charging

Hal ini biasanya terjadi ketika kita sedang charge ponsel lalu ditinggal pergi atau tidur. Baiknya, ketika baterai sudah mencapai 100% langsung dicabut saja chargernya agar baterai ponsel tidak bocor.

3. Always on

Ponsel memang telah menjelma jadi media yang always on alias terus menyala 24 jam penuh. Memang tak ada salahnya, sih. Tapi kalau mau baterai awet, sebaiknya matikan saja ponselmu ketika sedang tidak digunakan untuk menjaga ketahanan komponen di dalamnya.

4. Multi tasking

Ponsel pintar memang bisa digunakan untuk banyak hal dalam waktu bersamaan. Tapi kita seringkali lupa menutup aplikasi yang sudah tak kita pakai, padahal kebiasaan ini bisa bikin daya baterai cukup tersedot.

5. Sinyal naik turun

Ponsel tak akan ada artinya jika tak ada sinyal. Namun ada kalanya, sinyal di suatu tempat tidak stabil. Penyebabnya banyak. Mungkin kita berada di area yang jarak antar satu BTS dengan BTS lainnya berdekatan, sehingga sering terjadi switching. Atau, kita sedang berada dalam kawasan padat pengguna yang sedang rebutan sinyal. Otomatis, ponsel akan terus mencari sinyal yang paling kuat, dan ini biasanya bikin baterai cepat drop.

6. Suhu ekstrim

Perubahan suhu sebenarnya tak hanya memengaruhi performa baterai ponsel, tapi juga bisa merusak komponen lainnya. Suhu yang masih oke untuk ponsel berkisar 15-30 derajat celsius. Maka sebaiknya, jangan pernah letakkan ponselmu di atas kompor atau kelupaan ditaruh di dalam lemari es.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :

1 COMMENT
  • Nomor Cantik Xl

    over a year ago

    Terima kasih infonya, terutama untuk point nomor 1, selama ini saya pikir charger hanya berfungsi untuk menyampaikan muatan daya listrik ke baterai HP tanpa terpengauhi apakah charger itu original atau aspal. Seperti pada umumnya konsumen, kecenderungannya adalah membeli charger dengan harga murah tanpa peduli original atau aspal. Terima kasih banyak atas infonya ya.





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES