Menyambut Ponsel Rakitan dan Multi OS

gadgetapps published over a year ago




2015 bisa jadi tahun inovasi bagi bisnis smartphone. Di tahun ini, Google berjanji mulai menjual smartphone modularnya atau smartphone rakitan. Di tahun ini pula, bakal dipamerkan sebuah smartphone yang dapat menjalankan tiga sistem operasi sekaligus.

Proses pengembangan smartphone rakitan dari Google ini disebut Project Ara. Perangkat dasar smartphone ini disebut “Gray Phone” yang di dalamnya sudah ada hardware prosesor, layar, baterai, dan modul Wi-Fi.

Dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O bulan April 2014, Google mengatakan Gray Phone bakal dijual dengan harga US$ 50. Akan tetapi, belum diketahui di negara mana saja Gray Phone ini bakal dijual. Tentu saja Google akan mendahulukan negara Amerika Serikat. Jika sukses, tak menutup kemungkinan diperluas ke negara lain.

Bagaimana dengan hardware lainnya? Menurut rencana, Google mempersilakan perusahaan lain untuk menjual hardware untuk smartphone ini secara terpisah mulai pertengahan 2015.

Kesuksesan smartphone rakitan ini akan bergantung pada dukungan yang diberikan dari perusahaan pembuat hardware smartphone, seperti Qualcomm dan Nvidia yang menjual prosesor dan prosesor grafis, Samsung dan Sharp yang memproduksi layar, Sony yang menjual sensor kamera, dan perusahaan lain.

Langkah ini akan meningkatkan daya saing industri hardware untuk smartphone yang lebih terbuka. Nantinya, perusahaan yang membuat hardware smartphone ini dibebaskan mematok harga jual di pasar. Sama halnya seperti hardware pada komputer yang dijual di pasar.

Soal sistem operasi, tentu saja Google akan mendahulukan pemakaian sistem operasi Android di smartphone rakitan ini.

Tetapi, tidak menutup kemungkinan smartphone rakitan bisa menjalankan sistem operasi lain seperti Firefox OS dan Windows Phone. Bisa saja ada seorang programmer yang berhasil memasangkan sistem operasi lain di smartphone rakitan ini.

Ini bukan hal yang mustahil. Karena, perusahaan telekomunikasi Alcatel telah berhasil membuat sebuah smartphone yang bisa menjalankan tiga sistem operasi, yaitu Android, Windows Phone dan Firefox OS. Ponsel tersebut adalah Alcatel Pixi 3.

Fleksibilitas disebut menjadi dasar perusahaan tersebut dalam merancang smartphone multi-OS ini seperti pepatah lawas “Sekali dayung, dua atau tiga pulau terlewati.”

Sejauh ini, Alcatel hanya memberi tahu bahwa ada tiga model pada smartphone Alcatel Pixi 3 yang dibedakan berdasarkan ukuran layar, yaitu 3,5 inci, 4 inci, 4,5 inci, dan 5 inci. Mereka sudah mendukung jaringan data 4G dan tentu saja 3G.

Alcatel bakal memamerkan produk terbarunya ini dalam acara pameran teknologi terbesar di Amerika Serikat, Consumer Electronics Show (CES) pada Januari 2015 di Las Vegas.

Semoga, dengan kedatangan smartphone rakitan dan smartphone multi-OS ini, industri smartphone akan kembali bergejolak di tengah inovasi pada smartphone yang mulai stagnan.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES