Mengintip Potret Ponsel Masa Depan

gadgetapps published over a year ago




September sudah datang. Bulan ini bakal jadi bulan yang seru bagi para penikmat gadget. Pasalnya, di bulan ini, sejumlah raksasa ponsel dunia merilis gadget anyar mereka yang bakal menjadi potret ponsel di masa depan.

Mulai dari Samsung, Apple, Nokia, Sony, HTC hingga LG disebut-sebut bakal membangun panggung untuk mengeluarkan amunisi terbaru mereka di jagat ponsel dunia.

Sebagian besar vendor bakal memanfaatkan panggung Internationale Funkausstellung (IFA) 2014 di Berlin untuk coba mencuri perhatian penggila gadget. Sementara Apple menggelar acara khusus di San Fransisco pada 9 September 2014.

Sebagai smartphone generasi terbaru tentu bakal ada inovasi yang bakal diboyong deretan perangkat ini. Namun semuanya tak hanya mengandalkan spesifikasi kelas wahid. Ada pula produk baru yang memang dibuat untuk kebutuhan spesifik.

Apapun itu, intinya ponsel-ponsel yang akan diluncurkan nantinya bakal menjadi gambaran perangkat genggam di masa depan, ya setidaknya untuk tahun 2015. Kurang lebih, bisa diramalkan  bahwa spesifikasi bakal lebih ganas, kamera semakin ciamik, dan sebagian besar ponsel sudah tak lagi 'takut' dengan air.

Untuk menjawab tren selfie yang menggila misalnya, maka Nokia kabarnya bakal merilis ponsel dengan kamera depan yang mumpuni.

Adapun vendor lain ingin menawarkan kemampuan komputasi yang lebih bertenaga, sehingga RAM dan prosesor yang ditawarkan sudah mencapai angka 3 GB serta komputasi 64 bit.

Dimulai dari Samsung, di ajang IFA 2014 Galaxy Note 4 akan menjadi jagoan mereka.

Galaxy Note 4 menggunakan layar Super Amoled berukuran 5,7 inci dengan resolusi quad-HD (2650 x 1440 pixel). Total bobotnya 176 gram. Spesifikasi lain mencakup kamera 16 MP dengan optical image stabilization dan kamera depan 3,7 MP, RAM 3 GB, dan prosesor Qualcomm Snapdragon 805 quadcore 2,7 GHz.

Samsung juga memperkenalkan ponsel yang agak 'nyleneh' bernama Galaxy Edge. Ponsel ini memiliki layar menyudut di tepinya, seakan ingin menantang norma-norma saat ini bahwa layar ponsel harus datar.

Di ajang yang sama, Nokia mengungkap ponsel selfie andalannya. Ponsel ini punya kamera depan 5 megapixel. Ponsel dengan kode nama Superman ini memiliki nama resmi Nokia Lumia 730, penerus dari Lumia 720. Dengan kamera depan 5 megapixel, Superman adalah ponsel pertama Nokia yang mempunyai kamera depan dengan resolusi setinggi itu.

Informasi lain mengenai Superman adalah bentang layarnya yang sebesar 4,7 inch. Tak dijelaskan berapa resolusinya, namun karena disebut sebagai bakal penerus Lumia 720, disinyalir resolusi layar Superman antara HVGA (800x480 pixel) dan qHD (960x540 pixel). Meski begitu tak menutup kemungkinan Superman akan menawarkan resolusi HD (1280x720 pxiel).

Superman juga dikatakan bakal mengusung firmware anyar berkode GDR2 dengan sandi Debian Red yang disebut mampu mengoptimalkan OS Windows Phone (WP) 8.1 yang diusungnya.

Microsoft selaku pemilik bisnis handset Nokia juga memperkenalkan Lumia 830. Ini adalah perangkat "ponsel kelas atas pertama yang dibanderol murah". Smartphone ini dirancang Microsoft sebagai ponsel  yang memiliki kemampuan jepret foto dengan teknologi "Pureview" namun berbanderol murah.

LG juga mengeluarkan phablet premium dengan nama G3 Stylus. Varian anyar G3 ini akan jadi penantang Galaxy Note 4.

Sementara Sony mengeluarkan amunisi Xperia Z3. Seperti 'adiknya', handset ini masih mengandalkan bodi tahan air dan teknologi kamera.

Sony Xperia Z3 menggunakan layar 5,5 inch full-HD, prosesor quad core Qualcomm Snapdragon 801 2,4GHz ditunjang dengan RAM 3GB dan storage internal 32 GB.

Kamera Xperia Z3 tetap beresolusi 20,7 megapixel disertai dengan kamera depan 2,1 megapixel. Sedangkan sistem operasinya Android 4.4 KitKat.

Tak cukup dengan Xperia Z3, Sony juga memperkenalkan Xperia Z3 Compact yang berukuran lebih kecil. Selain itu ada Xperia Z3 Tablet Compact, yaitu tablet berukuran mini yang juga menyandang nama Z3.

iPhone 6 jadi perangkat selanjutnya yang bakal dinantikan Jika selama ini pengguna Apple harus puas dengan layar kecil, Apple kabarnya akan bikin gebrakan di iPhone 6. Yaitu bentang layarnya lebih lebar dan terdiri dari dua model, ukuran 4,7 inch dan ukuran 5,5 inch.

Lebih besarnya layar iPhone diprediksi akan memuaskan para penggemar meski Apple boleh dibilang ketinggalan cukup lama. Pasalnya, sudah begitu banyak vendor ponsel Android meluncurkan smartphone layar lega.

iPhone 6 yang mungkin terdiri dari layar 4,7 inch dan 5,5 inch dikatakan mengusung resolusi full HD (1920x1080 pixel) dengan kerapatan 400 ppi (pixel per inch) atau 2272x1280 dengan kepadatan mencapai 510 ppi. iPhone 6 disebut mengandalkan Apple A8 terbaru yang pastinya telah mendukung komputasi 64 bit.

Nah, dari berbagai ponsel yang bakal dirilis itu, mana yang Anda pilih?




Tags :
WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES