Manisnya Android 5.0 Lollipop

gadgetapps published over a year ago




Google resmi merilis versi final sistem operasi Android 5.0. Setelah coba bermisteri dengan sebutan Android L, OS generasi terbaru itu akhirnya diperkenalkan dengan nama Lollipop.

Ya, seperti yang sudah-sudah, nama tersebut diambil dari nama makanan ringan dan tampil berdasarkan abjad huruf. Dimana sebelum Lollipop, pendahulunya adalah Android KitKat, Jelly Bean dan Ice Cream Sandwich.

Sebagai OS terbaru, Lollipop tentunya memiliki 'rasa' yang lebih manis. Perbedaan paling kentara antara Lollipop dan KitKat adalah tampilan antarmukanya yang berjuluk Material Design.

Lollipop mempunyai animasi halus, desain yang lebih bersih pun warna yang lebih cerah. Tujuan utama dari penggunaan Material Design adalah menyatukan tampilan dan pengalaman pengguna dari setiap perangkat Android, baik tablet, ponsel, set top box, ataupun lainnya.

Seperti dilansir The Verge, Lollipop adalah pembaruan OS Android yang mempunyai perubahan tampilan paling banyak sejak Google merilis Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Penyegaran

Saat muncul pertama kali, Android Lollipop terlihat lebih kalem. Pemilihan warna-warna ikon aplikasi yang meski beraneka warna cenderung dibuat flat. Tujuannya bisa jadi agar pandangan pengguna lebih nyaman saat menggunakannya.

Google sepertinya ingin menyegarkan kejenuhan pengguna Android yang disodorkan desain tombol virtual yang itu-itu saja di versi sebelumnya.

Tampilan menu setting yang biasa diakses untuk melakukan konfigurasi perangkat juga tampil segar. Pengguna tak akan lagi disodorkan tampilan background hitam dengan teks biru dan putih.

Di Android L, menu setting tampil cerah dengan background putih dan teks hijau. Perubahan juga terjadi dari sisi fitur yang disematkan di Lollipop. Mulai dari yang sederhana, adanya notifikasi di lock screen.

Pada Lollipop pengguna tak perlu lagi repot-repot menarik menu scroll down untuk melihat notifikasi yang masuk. Kini setiap notifikasi dapat langsung terlihat meski ponsel dalam kondisi terkunci.

Pengguna cukup mengaktifkan layar, maka berbagai notifikasi yang masuk akan tampil berjejer ke bawah dalam bentuk stiker pop-up. Untuk mengakses notifikasi tersebut pengguna hanya cukup mengetuk dua kali pada stiker notifikasi yang ingin dibukanya.

Ada pula fitur swipe keyboard dan perintah suara Google Now yang tampil lebih oke di sini. Pada Android versi sebelumnya, bila ingin menggunakan fitur perintah suara Google Now, pengguna wajib mengaksesnya terlebih dahulu.

Biasanya dilakukan dengan cara men-drag tombol home ke atas. Di Lollipop, pengguna dipastikan tak perlu lagi melakukan itu. Sebab kini Google Now dapat diperintah langsung dari tampilan Home.

Cukup ucapkan ‘Ok Google’, fitur Google Now akan langsung aktif dan pengguna dapat lanjut mengucapkan perintah yang diinginkan.

Ini memang bukan hal baru, pada ponsel yang menggunakan Android KitKat kemampuan ini telah lebih dulu hadir. Bahkan pengguna dapat langsung mengaktifkan Google Now meski dalam kondisi ponsel terkunci.

Sayangnya kemampuan ini hanya dapat dirasakan bila ponsel tersebut dibekali prosesor Snapdragon 800. Nexus 6 dan Nexus 9 bakal jadi dua perangkat pertama yang bisa mencicipi manisnya Android Lollipop.

Dimana bakal dilanjutkan oleh Nexus 4, Nexus 5, Nexus 7, Nexus 10 serta perangkat-perangkat Google Play Edition dalam beberapa minggu ke depan.

Sementara di luar keluarga Nexus, ada Moto X, Moto G, Droid Ultra, Droid Maxx serta Droid Mini yang juga dari Motorola yang sudah dijadwalkan untuk bisa menjajal Lollipop.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :

2 COMMENT
  • Wong Kreatif

    over a year ago

    wahhhh sangat manis sekali , sayang masih di nexus ya

  • Bastian

    over a year ago

    Warnanya nyenengin banget emang buat diliat. :3





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES