Foto Bisa Disulap Jadi File Dokumen

gadgetapps published over a year ago




Selain untuk alat komunikasi dan sarana hiburan, smartphone juga dilengkapi beragam fitur penunjang bisnis atau pekerjaan.

Salah satu aplikasi yang menarik adalah Office Lens. Aplikasi besutan Microsoft ini secara fungsi mengadopsi teknologi scanner untuk pemindai dokumen, dan diidentifikasi sebagai image/foto oleh aplikasi Microsoft OneNote.

Selanjutnya, data tersebut akan diterjemahkan menjadi file dokumen yang bisa diedit ulang oleh pengguna.

Aplikasi ini sangat berguna saat Anda tengah melakukan rapat dengan jajaran direksi maupun klien bisnis. Tak perlu membawa laptop, buku catatan dan alat tulis lainnya. Cukup dengan memanfaatkan kamera ponsel dan aplikasi khusus semacam ini, Anda sudah bisa membuat resume rapat dalam bentuk file Word maupun PowerPoint.

Namun sayangnya, aplikasi portable scanner ini juga tetap masih memiliki beberapa keterbatasan. Salah satunya, tidak bisa menerjemahkan tulisan tangan yang menggunakan huruf sambung dengan maksimal. Tapi buat para pemilik Windows Phone 8.1 rasanya tak ada salahnya mencoba aplikasi ini.

Bagi yang ingin mencobanya, coba ikut saja langkah-langkah berikut ini:

1. Download dan instal aplikasi Microsoft Office Lens dari Windows Phone Store.

2. Setelah terinstal, jalankan aplikasi tersebut. Saat pertama kali digunakan, Anda akan mendapatkan informasi tentang Office Lens dan OneNote. Anda bisa melewati notifikasi ini untuk masuk ke tampilan utama.

3. Sebelum menggunakan aplikasi ini, sebaiknya lakukan beberapa pengaturan seperti masukan akun Microsoft Anda. Pilih menu > Settings > Microsoft Account. Tujuannya agar file-file yang dihasilkan nantinya akan secara otomatis disisipkan ke dalam OneNote di Office Cloud.

4. Anda juga dapat mengatur resolusi dan mode tampilan aplikasi.

5. Selanjutnya, Anda sudah bisa mencoba menggunakan app ini. Pilih mode tangkapan kamera yang sesuai dengan melakukan tap pada icon di sudut kanan atas. Ada 3 mode yang tersedia, yaitu:

• Whiteboard mode: Untuk menangkap tampilan pada whiteboard atau sketsa.
• Document mode: Untuk menangkap dokumen pada kertas, seperti misalnya poster, kartu nama, dll.
• Photo mode: Untuk menangkap gambar/foto lainnya.

6. Berikutnya, arahkan kamera ke obyek dokumen yang ingin direkam. Jika sudah pas, tekan tombol kamera. Selanjutnya, aplikasi Office Lens akan mengolah hasil foto tersebut.

7. Hasilnya akan disimpan ke OneNote dan Anda juga dapat sekaligus menguploadnya ke layanan cloud OneDrive.

8. Jika Anda ingin mengedit file yang sudah dibuat, bisa membukanya langsung dari aplikasi Office Lens > pilih recent document.

9. Pilih format file dokumen yang Anda inginkan, word atau PowerPoint. Sebagai contoh file PowerPoint. Di layanan PowerPoint Online maupun aplikasi PowerPoint, Anda bisa langsung mengedit file tersebut.

Selamat mencoba!




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES