Era Baru Windows Phone Segera Dimulai

gadgetapps published over a year ago




Era baru sistem operasi Windows Phone 8 akan segera dimulai. Hal pertama ditandai dengan digantinya merek pada smartphone Lumia, yang kini tidak lagi menggunakan nama Nokia, tetapi Microsoft.

Langkah ini menandai bahwa Microsoft akan jadi "pendatang baru" dalam bisnis smartphone setelah mengakuisisi bisnis smartphone Nokia pada April 2014 seharga 7,2 miliar dolar Amerika Serikat.

Perangkat pertama yang menggunakan merek Microsoft adalah Lumia 535 yang mengincar pasar menengah untuk mendorong volume penjualan. Sejauh ini smartphone flagship Lumia masih berada di bawah merek Nokia.

Smartphone Lumia 535 dengan layar 5 inci ini punya spesifikasi yang bisa disebut rendah. Prosesor yang dipakai adalah Qualcomm Snapdragon 1,2 GHz, RAM 1 GB, kamera utama 5 MP dan ada kamera depan. Sistem operasi yang dipakai adalah Windows Phone 8.1.

Dari sistem operasi Windows Phone 8.1 tersebut, Microsoft sepertinya bakal segera meluncurkan Windows 10 untuk smartphone.

Informasi ini berasal dari akun Twitter Microsof Lumia dengan nama pengguna @lumia. Akun tersebut berkicau akan memperbarui sistem operasi semua perangkat Lumia ke Windows 10 di masa depan. Akan tetapi, akun itu tidak menyebut waktu pastinya.

Windows 10 sendiri saat ini baru dirancang untuk PC. Tetapi perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates itu bakal merancang dan memaksimalkan Windows 10 untuk perangkat tablet dan smartphone.

Microsoft memang harus segera berbenah diri di pasar smartphone setelah jauh tertinggal dengan kompetitornya, yaitu Apple dengan iOS-nya, dan Google yang memiliki Android dan didukung oleh banyak vendor seperti Samsung, Sony, sampai vendor China Xiaomi dan Huawei.

Microsoft nampaknya bakal mengintegrasikan beberapa aplikasi penting di Windows 10 untuk smartphone. Sebut saja Skype, Office, One Drive, dan One Note, semua itu bakal jadi senjata utama untuk smartphone Lumia.

Jika mengandalkan smartphone Lumia saja Microsoft sepertinya akan kewalahan. Oleh karenanya, perlu jalin kerjasama dengan vendor untuk membuat smartphone berbasis Windows agar dapat bersaing dengan Android. Langkah ini sebenarnya telah dilakukan di masa lalu, namun para vendor sepertinya terlihat setengah hati mendukung Windows Phone.

Apalagi di masa sekarang ini setelah memiliki bisnis smartphone Nokia. Microsoft sebaiknya tetap bersifat independen dan tidak pilih kasih pada smartphone Lumia agar para vendor konsisten mendukung ekosistem Windows.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES