Dari Resepsi Pernikahan Jadi Juara Aplikasi

gadgetapps published over a year ago




Sebagai lanjutan dari kerjasama strategis antara Samsung dengan Singtel Group selaku induk usaha Telkomsel, telah digelar kompetisi bernama Indonesia Next Apps. Pemenangnya adalah aplikasi bernama Jepret Story dari Dycode, developer asal Bandung yang dimotori Andri Yadi sebagai CEO-nya.

Dalam acara temu media yang diadakan di Kantor Telkomsel, Wisma Mulia, Jakarta, terdapat hal menarik yang terungkap mengenai aplikasi tersebut.

Aplikasi itu ternyata berawal dari masalah pribadi yang dialami Andri sendiri, yaitu masalah dokumentasi foto yang dialaminya di resepsi pernikahan.

Jepret Story merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengumpulkan dan mengatur berbagai foto yang diambil dari bermacam momen spesial di jejaring sosial. Aplikasi ini mengumpulkan foto dengan hashtag khusus yang sebelumnya telah dibuat oleh pengguna.

Pada resepsi pernikahannya, Andri membuka kesempatan pada tamu-tamu untuk berfoto dengan ponsel mereka. Bahkan boleh dibilang para tamu "diundang" untuk berfoto dan bahkan disediakan berbagai spot foto yang menarik.

Hanya saja, ada satu syarat, setiap foto yang dibuat oleh para tamu diminta untuk mencantumkan hashtag alias tagar tertentu. Dengan demikian, Andri bisa mengumpulkan foto dengan tagar itu dan menjadi album foto pernikahannya.

Momen-momen foto yang dikumpulkan dari tagar itu pun tentunya jadi sangat menarik, mulai dari selfie hingga momen lucu yang mungkin tak akan diketahui oleh kedua mempelai yang sedang sibuk bersalaman.

Jepret Story diharapkan bisa menjadi aplikasi yang berguna bagi mereka yang menemukan masalah yang sama, kebutuhan untuk mengumpulkan dan memanage foto yang diambil lewat ponsel.

Indonesia Next Apps berusaha mengidentifikasi developer lokal yang inovatif di Indonesia dan membantu untuk mempercepat pengembangan mereka dalam mendapatkan akses ke tingkat regional.

Start-up yang dipilih di program ini akan memiliki kesempatan untuk dipasarkan aplikasinya oleh SingTel (Singapura) , Optus (Australia) , AIS (Thailand) , Globe Telecom (Filipina) , dan Telkomsel (Indonesia) di pasar masing-masing.

Vice President Digital Lifestyle Telkomsel, Marina Kacaribu mengatakan, “Sebagai operator yang memiliki visi untuk menjadi penyedia layanan mobile digital lifestyle kelas dunia yang terpercaya, kami yakin program kerjasama dengan Samsung  ini akan memberikan dampak yang sangat baik bagi perkembangan ekosistem digital di Indonesia, di mana diperlukan kolaborasi yang menyeluruh antara tiga hal penting, yaitu Device, Network dan Applications. Lewat program ini pun kami ingin mendorong developer lokal di Indonesia untuk dapat menembus pasar regional.”

Indonesia Next Apps menjaring 147 aplikasi dari 90 lokal developer, tim juri dari Telkomsel, Samsung Indonesia dan Daily Social mengerucutkan menjadi 7 finalis yaitu Kakatu, Cubeacon, Jepret Story, phiRUNtrophy, PiPets, IO Notes, dan SIGAP.

Beberapa parameter penilaian termasuk ide, model bisnis, desain UI/UX apps, problem solving untuk market, cara monetize, dan lainnya.

Pemenang utama dari kompetisi ini mendapatkan hadiah uang tunai, smartphone Samsung, diundang untuk menghadiri “Startup Mentorship Programmed” yang merupakan program kolaborasi dengan SingTel, didaftarkan untuk mengikuti “Singtel Group – Samsung Regional Mobile App Challenge”, dipromosikan di program Bundling Telkomsel dan di Samsung Galaxy Apps. Selain itu aplikasi yang masuk dalam kategori top 5 akan dipromosikan di Samsung Galaxy Apps homepage.




Tags : Jepret Story
WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES