Cara Menjaga Baterai iPhone Agar Tidak Cepat Habis

gadgetapps published over a year ago




Memiliki iPhone dapat memudahkan aktivitas pengguna yang memiliki kesibukan di luar rumah. Apalagi jika pengguna sudah terbiasa dalam menggunakan iPhone untuk menuntaskan segala hal.

Mengecek email, membuat jadwal pertemuan, mencatat ide, bahkan menjelajah internet, semua itu dilakukan dengan mudah via iPhone. Dengan kata lain, iPhone tersebut akan menjadi hal yang paling penting dalam kesehariannya.

Jika skenario tersebut terjadi pada kamu, maka selain iPhone, hal apalagi yang harus kamu bawa setiap kali keluar rumah? Jawabannya adalah, charger atau alat pengisi daya baterai.

Aktif menggunakan iPhone akan membuat daya baterainya cepat habis. Jika digunakan secara berlebihan, maka baterai pun tak akan bertahan lama. Oleh sebab itu, membawa charger adalah salah satu cara untuk menjaga iPhone agar tetap menyala.

Tetapi, masih ada cara lain yang tak kalah efektif. Penasaran apa saja cara lain tersebut, pastikan kamu simak tips berikut ini:

1. Low Power Mode

Jika kamu sudah melakukan upgrade ke iOS 9.0, maka kamu dapat megaktifkan fitur Low Power Mode. Fitur ini dapat meredam kinerja iPhone dengan cara mematikan fitur-fitur yang dapat membuat baterai cepat habis, seperti fitur pencarian lokasi. Sehingga baterai dapat bertahan lebih lama, walaupun baterai dalam keadaan 20 persen.

Berikut cara mengaktifkan Low Power Mode: Masuk ke Settings, pilih menu Battery, kemudian aktifkan Low Power Mode. Jika berhasil, maka lambang baterai yang ada di bagian kanan atas iPhone akan berubah warna menjadi kuning.

2. Auto Brightness

Fitur Auto Brightness dapat memakan daya baterai dengan cepat. Kamu harus mematikan fitur tersebut, kemudian meredupkan atau menerangkan cahaya layar secara manual. Sekadar catatan, cahaya layar yang terlalu terang dapat membuat baterai cepat habis.

Untuk mematikan auto brightness ini caranya adalah, masuk ke Settings, pilih menu Display & Brightness, dan matikan fitur Auto Brightness. Jangan lupa untuk redupkan cahaya layar.

3. Matikan Wi-Fi jika Tak Digunakan

Menggunakan jaringan Wi-Fi yang stabil dapat menjaga agar baterai iPhone tidak cepat habis. Namun, jika kamu sudah tidak menggunakannya lagi, maka jangan lupa untuk mematikan Wi-Fi tersebut. Sebab, jika tidak dimatikan maka iPhone akan terus mencari jaringan Wi-Fi di manapun kamu berada. Hal tersebut justru dapat menyedot daya baterai hingga habis.

Cara mematikan Wi-Fi sangat mudah, yaitu sapu layar dari bawah ke atas untuk masuk ke Control Panel, dan matikan lambang Wi-Fi.

4. Cellular Data

Percaya atau tidak, dengan mematikan Cellular Data maka dapat membuat meningkatkan daya tahan baterai hingga 2 kali lipat. Memang, mematikan Cellular Data juga akan mematikan seluruh aplikasi yang terhubung dengan jaringan internet. Namun, jika iPhone dalam keadaan tidak aktif, misalnya kamu sedang meeting dan tidak diperkenankan untuk menyalakan ponsel, maka sebaiknya matikan Cellular Data agar baterai iPhone dapat lebih lama bertahan.

Caranya seperti demikian: Masuk ke Settings, pilih menu Cellular, dan matikan opsi Cellular Data.

5. Reduce Motion

Mematikan fitur Reduce Motion ternyata juga bisa membuat baterai lebih tahan lama. Namun, fitur ini hanya berpengaruh sedikit pada iOS terbaru. Dengan mematikan fitur Reduce Motion, maka tampilan animasi pada layar iPhone akan dimatikan. Otomatis, hal tersebut dapat mengurangi user experience yang ditawarkan oleh iPhone. Jadi, jika kamu telah menggunakan iOS terbaru maka kamu dapat memilih untuk mematikannya atau mengaktifkannya.

Caranya: Buka Settings, pilih General, kemudian Accesibility, dan matikan fitur Reduce Motion.

Itu tadi beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat daya tahan baterai lebih panjang. Jangan lupa untuk menggunakan layanan seluler dan data dari Telkomsel sebagai pasangan terbaik untuk smartphone kamu.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES