Cara Memusnahkan Virus di Android Tanpa Bantuan Aplikasi

gadgetapps published over a year ago




Menjelajah internet via ponsel memang sangat menyenangkan. Apalagi dengan kecepatan jaringan 4G LTE yang kian berkembang maka kamu bisa mendapatkan informasi di manapun dan kapanpun hanya dalam sekejap. Jaringan internet yang kian lancar juga membuat urusan download menjadi lebih mudah.

Namun, satu hal yang harus kamu ketahui adalah, semakin sering kamu menggunakan internet untuk download, maka semakin rentan ponsel tersebut untuk disisipi oleh virus jika kamu membuka halaman yang ternyata mengandung program jahat.

Bagi pengguna aktif, kehadiran virus di ponsel akan mengganggu aktivitas harian. Sebab, virus akan akan membuat kinerja ponsel kian menurun. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan aplikasi anti virus untuk memusnahkan virus-virus yang mengganggu.

Adakah opsi selain menggunakan anti virus di ponsel Android? Tentu saja ada, yakni dengan masuk ke Safe Mode. Simak langkah-langkah berikut ini:

Perlu diketahui terlebih dahulu bahwa setiap versi sistem operasi Android memiliki cara berbeda untuk dapat masuk ke Safe Mode. Kami akan mengupas caranya pada beberapa versi Android berikut:

1. Android Gingerbread: Tekan tombol power selama beberapa detik, hingga muncul opsi Safe Mode

2. Android Jellybean dan Android KitKat: Restart ponsel dan perhatikan layar hingga muncul logo Android, lalu tekan tombol Volume secara berkala hingga masuk ke layar utama. Metode ini bisa memakan waktu yang cukup lama. Jika berhasil, akan muncul tulisan Safe Mode di bagian kiri bawah layar.

3. Android Marshmallow: Tekan tombol Power seperti hendak mematikan ponsel, hingga muncul opsi Power Off, kemudian tap dan tahan opsi Power Off hingga masuk ke Safe Mode.

Jika kamu berhasil masuk ke Safe Mode, maka kamu tidak akan melihat aplikasi di ponsel. Tenang saja, walau tidak muncul di layar namun aplikasi tidak sepenuhnya hilang. Semua aplikasi memang sengaja tidak dimunculkan saat Safe Mode, agar ponsel dapat bekerja lebih cepat saat proses penghapusan virus dilakukan.

Setelah masuk ke Safe Mode, yang harus dilakukan selanjutnya adalah masuk ke menu Settings dan pilih Application Manager lalu pilih opsi Downloaded.

Dalam keadaan Safe Mode, ponsel tidak akan menampilkan aplikasi pihak ketiga, terbukti dengan tampilan layar kosong tanpa aplikasi. Hal tersebut juga berlaku di opsi Downloaded. Sistem Safe Mode tidak akan menampilkan daftar aplikasi.

Namun, karena virus merupakan sebuah sistem, maka virus akan tampil dan berkedok sebagai aplikasi pihak ketiga. Jika ponsel terkena virus, maka kamu akan melihat aplikasi asing di dalam daftar opsi Downloaded.

Jika kamu menemukan virus yang dimaksud, segera musnahkan dengan cara Uninstall. Namun, jika virus tersebut tidak dapat dan menolak di-uninstall karena memiliki akses administrator, maka kamu harus melakukan tindakan pencegahan.

Caranya, kembali ke menu Settings, pilih menu Security, dan pilih Device Administrators.

Dalam menu Device Administrators, kamu akan melihat virus yang sebelumnya menolak untuk dibasmi. Segera hilangkan akses tersebut agar virus dapat dimusnahkan.

Kemudian, kembali ke menu Application Manager, lalu pilih Downloaded. Cobalah untuk melakukan Uninstall pada virus tersebut. Jika dapat dihapus, maka kamu berhasil membasmi virus yang ada di ponselmu.

Setelah semua virus berhasil dimusnahkan, keluar dari Safe Mode dengan cara restart ponsel. Dan, kini ponsel Android milikmu sudah terbebas dari gangguan virus.

Lakukan metode tersebut secara berkala, atau ketika ponsel Android dirasa bekerja dengan berat. Sekali lagi, ingatlah bahwa semakin sering kamu membuka situs web yang tidak dikenali jelas pengelolanya seperti situs pornografi, torrent, dan penyedia konten ilegal, maka semakin rentan ponsel untuk terjangkit virus.




WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES