Bebaskan Ponselmu dari Penyakit

gadgetapps published over a year ago




Sebuah penelitian kembali menemukan fakta adanya bakteri pada ponsel yang kita gunakan sehari-hari. Nah, agar kita semua terhindar dari bahaya, ada baiknya simak baik-baik artikel ini agar bisa melakukan pencegahan.

Universitas Surrey di Inggris melakukan pengujian terhadap puluhan ponsel milik siswa kampus tersebut. Caranya, para siswa diminta memasukkan ponsel pribadi mereka ke dalam sebuah cawan petri.

Dalam waktu tiga hari, para siswa bisa melihat hasilnya. Betul saja, bakteri yang tumbuh berasal dari ponsel tersebut bukan main banyaknya.

Meski hasilnya cukup mengejutkan, beruntung bakteri tersebut tidak terlalu berbahaya bagi manusia. Namun tetap saja ada kemungkinan ancaman dari bakteri yang tidak terlihat tersebut dalam kehidupan penggunanya sehari-hari.

Jika ditilik lebih lanjut, banyak juga penyakit ringan yang bisa ditimbulkan oleh bakteri yang bernama Staphilococcus Aureus ini. Seperti bisul, jerawat, dan penyakit sejenis karena sebagian besar penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini memproduksi nanah.

Menurut Dr. Simon Park, dosen senior di bidang Biologi Molekuler, wilayah ekologi khusus pada tubuh yang disukai oleh bakteri Staphylococcus Aureus ini adalah wilayah pernapasan, atau lubang hidung.

Ia juga menjelaskan bahwa setiap ponsel mampu bercerita tentang apa yang sudah dilakukan oleh penggunanya.

Tak percaya? Salah satu temuan mereka adalah adanya bakteri lain seperti Bacillus mycoides pada ponsel. Jika Staphilococcus Aureus memang umum hidup di permukaan tangan manusia, B. myocides ini sangat unik karena habitat aslinya adalah tanah. Artinya, ponsel atau penggunanya, pernah bersentuhan dengan tanah.

Inti ceritanya, ponsel kita berpotensi menyimpan ribuan, bahkan jutaan bakteri yang berasal dari tangan kita sendiri. Saat tangan menyentuh tombol atau layar ponsel, berbagai kotoran, minyak atau bakteri dapat berpindah dari tangan ke ponsel.

Meskipun tidak terlihat, debu dan kotoran tersebut dapat menjadi sumber penyakit. Oleh karena itu sangat penting untuk membersihkan ponsel, apalagi jika kita menggunakannya setiap hari.


Tindakan Pencegahan

Nah, untuk melakukan tindakan pencegahan, sebenarnya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat ponsel aman dari bakteri dan kuman:

1. Gunakan handuk tipis atau kain yang lembab untuk menghilangkan sidik jari dan residu lain yang tidak bisa dihilangkan lap biasa.

2. Beberapa titik tertentu seperti sela-sela tombol dan lubang headset menjadi tempat debu dan kotoran membandel bersembunyi.

Untuk membersihkan bagian-bagian sulit, Anda membutuhkan beberapa alat. Tusuk gigi atau sikat gigi bekas bisa membantu Anda membersihkan ponsel pada titik-titik yang tidak terjangkau oleh kain.

3. Khusus untuk debu dan kotoran yang menempel pada lubang speaker, Anda tidak bisa mendorongnya ke dalam, tetapi harus menarik debu dan kotoran tersebut keluar. Anda bisa menggunakan peralatan sederhana, misalnya selotip.

Rekatkan selotip pada lubang speaker ponsel. Tekan-tekan selotip yang sudah merekat, diamkan sejenak dan angkat selotip dari speaker. Debu dan kotoran akan menempel pada selotip tersebut.

Namun perlu diperhatikan jangan menekan selotip terlalu kuat karena akan meninggalkan residu lem perekat di lubang speaker ponsel Anda.

4. Membersihkan debu di sela-sela ponsel juga bisa dilakukan dengan penyedot debu. Bukan penyedot debu ruangan, melainkan penyedot debu kecil yang bisa Anda dapatkan di toko-toko komputer.

5. Untuk menghilangkan kuman dan bakteri, basahi kain bersih dengan alkohol, lalu gunakan untuk mengelap keypad dan casing ponsel. Gunakan ujung kain untuk membersihkan tombol, speaker dan bagian-bagian luar ponsel lainnya, kecuali layar.

Hanya gosokkan alkohol pada komponen luar, karena yang sering terkena kuman hanya di bagian luarnya. Jika Anda ingin membersihkan bagian internal, sebaiknya minta bantuan profesional.

Namun Anda bisa membersihkan baterai dengan menyekanya menggunakan lap basah. Tunggu hingga baterai kering, baru pasang kembali.

Jangan ditunda-tunda. Ayo, segera bersihkan ponsel Anda!




Tags : Bersih Ponsel
WRITE COMMENT
Name* :

E-mail* :

Website :

Comment :





BLOG CATEGORIES
FEATURES

Corporate Info features
2016-06-03

Corporate Info features
2016-06-02

Corporate Info features
2016-06-01

Corporate Info features
2016-05-31

Corporate Info features
2016-05-30

ARCHIVES